Bangkitkan SEMANGAT dengan Kencur

Posting Komentar
Kencur


Musim hujan masih terasa di berbagai daerah di Indonesia, biasanya dalam keadaan hujan didaerah pegunungan rang ingin menghangatkan tubuh dengan minum jahe. Selain jahe, kencur juga dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh, karena kencur memiliki rasa yang hangat atau agak pedas masuk kedalam kerabat jahe-jahean (Zingiberaceae).

Selain berkhasiat pereda batuk (intitusif), dan pereda nyeri (analgesik), kencur juga berkhasiat antitoksik, pada keracunan jamur dan  tempe bongkrek. Untuk penyakit tertentu, khasiat kencur bisa dirasakan cepat, seperti pada batuk, menambah nafsu makan, atau pada pegal linu.

Kencur juga memiliki manfaat untuk obat luar. Kencur ditumbuk halus dan dicampur dengan beras uang direndam sebentar, lalu ditorehkan ke bagian yang bengkak akibat terkilir maupun terbentur. Rimpang kencur yang dihaluskan juga bisa ditorehkan pada eksim, sebagai tapal di pelipis pada sakit kepala.

Bila 25 gram kencur di iris - iris kemudian direbus dan diminum airnya, dapat menghilangkan kembung, mual dan muntah, masuk angin dan kelelahan. Manfaat lain dari air rebusan tadi yaitu bisa membantu mengecilkan rahim setelah ibu melahirkan. Tidak ada efek samping yang timbul bila memang kencur digunakan sesuai dengan aturan.


Sumber :
- Dokter Kita, edisi 6 - THN VII - Juni 2012
- Gambar : www.ibujempol.com


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar