Irama Gamelan Mengalun Dari Pendopo Pemkab Indramayu

Posting Komentar
Gamelan di Pendopo Indramayu


INDRAMAYU (Pos Kota) – Pemkab Indramayu termasuk salah satu kabupaten yang gigih berusaha mempertahankan seni budaya daerah yang sekarang terancam punah oleh masuknya budaya global.

Untuk itu, Pemkab Indramayu setiap Selasa dan Jum’at menggelar kesenian daerah. Khususnya seni gamelan seperti irama tayub dan sebagainya.

Menggunakan gamelan jenis slendro yang dikenal pas untuk dimainkan tayub, penabuh dengan setia hadir menyuguhkan irama musik tradisionil di Pendopo Pemkab Indramayu.

“Kalau gamelannya sudah tersedia dua set milik Pemkab Indramayu. Kami hanya nayaga atau penabuhnya saja,” tutur Casmin, 39 penabuh gamelan yang dijumpai Pos Kota.

Irama gamelan mengalun merdu tanpa pengeras suara dan tanpa sinden atau penyanyi. Irama musik tradisional itu diharapkan lebih cepat akrab di telinga karyawan. Setelah akrab mereka diharapkan bisa mencintai musik tradisional itu, katanya.

Susanto mantan Kadisporabudpar Indramayu mengemukakan, target yang ingin dicapai menghadirkan kesenian tradisional itu adalah bagaimana mengenalkan irama musik itu kepada karyawan dn para tamu di Pemkab Indramayu. Setelah itu mereka akan menggemari gamelan.(taryani).

Sumber : Poskota News
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar