Ini Dia Vaksin Baru yang Bisa Menetralisir AIDS

Posting Komentar
Ilustrasi HIV | http://makassar.tribunnews.com/

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM- Ternyata sudah ada penemuan baru vaksin AIDS. AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.

Seperti dikabarkan portal informasi dan e-konsultasi kesehatan, Klikdokter.com, dan jurnal Nature, penemuan baru tersebut atas hasil penelitian yang dipimpin oleh Barton Haynes, Direktur di Duke University Human Vaccine Institute di Duke University School of Medicine pada April 2013.

Peneliti melaporkan suatu gebrakan yang dapat mengubah dunia yaitu penemuan tentang antibodi yang dapat menetralisir AIDS.

Bagaimana cara kerja vaksin baru AIDS, tersebut?

Dalam penelitannya Haynes mengumpulkan dan menyimpan sampel darah dari 400 pasien, dimulai dari saat infeksi HIV.

Haynes menemukan bahwa “neutralizing antibody” muncul setelah 14 minggu infeksi yang dapat berikatan baik dengan virus HIV.

Antibodi ini dapat menjadi senjata perang melawan virus, dan merupakan target kuat untuk pembuatan vaksin.

Haynes berkata bahwa mereka sudah menemukan cara kerja antibodinya namun yang sekarang sedang dicari adalah bagaimana cara mempergunakan antibodi ini untuk vaksin.

Dalam penelitiannya, Ia menemukan bahwa semufa individu yang terinfeksi oleh HIV, mengeluarkan antibodi ini, namun virus HIV dapat mengelabui sistem imun tubuh.

Haynes berpendapat bahwa setiap individu mempunyai cara sendiri untuk melawan HIV, saat ini Haynes dan kolega sedang melakukan peta jalur dari apa yang memicu keluarnya antibodi pada setiap individu.

Ia berharap dapat ditemukan jalur yang sama atau mirip antar individu, dimana kesamaan ini dapat menmberi harapan perkembangan vaksin. 

Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2015/08/20/ini-dia-vaksin-baru-yang-bisa-menetralisir-aids?page=2
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar