Jumlah Penduduk 1,8 Juta, Indramayu Cuma Punya 2 Rumah Sakit

Posting Komentar

RSUD Indramayu | http://ciumanuk.com

TEMPO.CO, Cirebon - Jumlah rumah sakit di Kabupaten Indramayu dianggap masih kurang. Jumlah rumah sakit yang ada tidak sebanding dengan jumlah penduduk saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Dedi Rohendi, Selasa 18 Agustus 2015. “Di Kabupaten Indramayu saat ini hanya ada dua rumah sakit pemerintah dan lima rumah sakit milik swasta,” kata Dedi. Jumlah rumah sakit tersebut menurut Dedi masih kurang.

Dijelaskan Dedi, dengan jumlah penduduk di Kabupaten Indramayu yang mencapai 1,8 juta jiwa, maka dibutuhkan sedikitnya 1.800 tempat tidur perawatan di rumah sakit. Namun saat ini baru tersedia 600 tempat tidur.

Untuk menutupi kekurangan tesebut, di 21 kecamatan dari 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu telah tersedia puskesmas perawatan. Setiap puskesmas itu rata-rata menyediakan 20 tempat tidur perawatan. Jumlah tersebut ditambah dengan adanya 18 puskesmas Poned. “Kita berharap tahun depan seluruh kecamatan telah memiliki puskesmas perawatan,” kata Dedi.

Sementara itu Bupati Indramayu, Anna Sophanah mengakui jika saat ini jumlah rumah sakit di wilayahnya masih kurang. “ini yang menjadi salah satu pemicu sebagian masyarakat untuk berobat ke luar daerah,” kata Anna.

Anna meminta kepada setiap rumah sakit hendaknya mengutamakan prinsip menolong sesama. “Jangan mendahulukan kelengkapan administrasi yang nantinya bisa berakibat kondisi pasien semakin buruk,” kata Anna. Pasien yang membutuhkan bantuan harus segera ditangani. 

Sumber : http://nasional.tempo.co/read/news/2015/08/18/058693011/jumlah-penduduk-1-8-juta-indramayu-cuma-punya-2-rumah-sakit
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar