Trichomonas Vaginalis Saat cek urine

Posting Komentar
http://medicastore.com/
imad.blog's.com. Beberapa hari lalu Saya menemukan sampel yang unik, karena ngga biasanya. Sampel urine yang periksa pada pemeriksaan mikroskopis terlihat Tichomonas Vaginalis, dalam satu lapang pandang ada 2 - 4 trichomonas yang bergerak, terlihat jelas ekornya.

Gejala Klinis
1.Trikomoniasis pada wanita

Yang diserang terutama dinding vagina, dapat bersifat akut maupun kronik. Pada kasus akut terlihat sekret vagina seropurulen berwarna kekuning-kuningan, kuning-hijau, berbau tidak enak (malodorous), dan berbusa. Dinding vagina tampak kemerahan dan sembab. Kadang-kadang terbentuk abses kecil pada dinding vagina dan serviks, yang tampak sebagai granulasi berwarna merah dan dikenal sebagai "strawberry appearance" dan disertai gejala dispareunia, perdarahan pascacoitus, dan perdarahan intermenstrual. Bila sekret banyak yang keluar dapat timbul iritasi pada lipat paha atau di sekitar genitalia eksterna. Selain vaginitis dapat pula terjadi uretritis, Bartholinitis, skenitis, dan sistisis yang pada umumnya tanpa keluhan. Pada kasus yang kronik gejala lebih ringan dan sekret vagina biasanya tidak berbusa.
2.Trikomoniasis pada laki-laki

Pada laki-laki yang diserang terutama uretra, kelenjar prostat, kadang-kadang preputium, vesikula seminalis, dan epididimis. Pada umumnya gambaran klinis lebih ringan dibandingkan dengan wanita. Bentuk akut gejalanya mirip uretritis nongonore, misalnya disuria, poliuria, dan sekret uretra mukoid atau mukopurulen. Urin biasanya jernih, tetapi kadang-kadang ada benang-benang halus. Pada bentuk kronik gejalanya tidak khas yaitu gatal pada uretra, disuria, dan urin keruh pada pagi hari.

Koleksi Pribadi

Tes dan Pemeriksaan Laboratorium

Diagnosis dibuat dengan langsung mengamati trichomonas melalui mikroskop (''Trichomonas vaginalis'' terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang).Trichomonas berbentuk buah pir dan memiliki flagela beberapa (ekor whiplike) pada salah satu ujungnya.
  1. Tes laboratorium hanya dilakukan jika dokter mencurigai trikomoniasis sebagai kemungkinan diagnosis.
  2. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin harus mengirim sampel ke laboratorium, dan hasilnya mungkin tidak segera datang.
  3. Dokter akan mengumpulkan spesimen selama pemeriksaan panggul.
  4. Dokter memasukkan spekulum ke dalam vagina dan kemudian menggunakan aplikator kapas-tipped untuk mengumpulkan sampel.
  5.  Sampel tersebut kemudian ditempatkan ke slide mikroskop dan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.
  6. Trichomonas terlihat jarang selama pengujian urin.


Diagnosis trikomoniasis biasanya meminta pencarian untuk penyakit menular seksual lainnya, seperti sifilis, HIV, gonore, atau Chlamydia.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Trikomoniasis
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar