Ikuti Sistematisnya Buat Promo Lagu Band Kamu

Posting Komentar


Girlband Stellar (Sumber : http://korea.iyaa.com)

Saya jujur bukan ahliya dalam hal ini, namun pertimbangkanlah setiap langkah yang saya tuliskan disini berdasarkan kira - kira dari pengalaman Saya dalam bermusik. Ini bukanlah acuan dimana Kamu harus mengikuti sistem yang Saya buat, tapi sebagai musisi atau band indie, Kamu harus fleksibel dalam menyikapi semua keadaan.

Oke langsung ya, begini kira kira cara mempromosikan lagu - lagu band Kamu ;

1. Buat Single Yang menurut Kamu Enak Di Dengar.
Buatlah lagu yangmenurut Kamu, menurut teman Kamu easy listening, atau enak di dengerinnya. Bagus itu relatif yang penting itu enak di denger dulu. Sebagai Band Indie, Kita harus jujur, kebanyakan band pemula itu ngga punya modal, Kita cuma punya karya doang.

2. Percayakan Rekaman Single Kepada Studio Rekaman Yang Punya Kualitas Audio Bagus.
Kalau Saya suka mencari - cari studio rekaman yang punya kualitas rekaman yang bagus, terutama audionya. Jangan melihat studio rekaman besar atau punya perlatan lengkap, tapi hasil fnishingatau masteringnya malah kacau. Saya yang berada di Indramayu, sangat merekomendasikan studio A3 yang ada di Gabus Wetan, harganya cukup terjangkau, dan operatornya Kang Rizal juga sangat open sama lagu - lagu yang Kamu arransemen.
3. Melek Media Sosial
Kamu sebagai band indie harus berjuang dari bawah tanpa modal, Kamu harus faham tentang media sosial. Buat berabgai akun seperti Youtube, Facebook, Instagram, Reverbnation, dll. Kalau Kamu mau cari uang tambahan, Kamu bisa memanfaatkan Youtube, karena Youtube saat ini bisa di monetize, alias bisa menanam iklan di video yotube kamu.

Untuk monetize akun youtube akan Saya bahas dilain waktu ya, Sekarang Kita fokus pada srtikel ini dulu.

4. Intens / Rutin Upload Karya Kamu
Berkarya itu memang butuh mood, kalau bisa ini juga jangan dipaksakankalau ngga bisa, minimal 1 bulan 1 lagu kamu share. Memang untuk apakan? Yang begini memang ngga masuk akal, kamu bikin lagu mahal tapikenapa harus dishare? 

Sebelum bicara profesional, mending ngaca dulu pada diri sendiri,lagu kamu enak di dengerin ngga, di share atau istilahnya promo itu tujuan nya mengenalkan band kamu, karya kamu kepada khalayak.

5. Ikuti Group / Media Online Yang Upload Karya Band Indie
Apapun medianya, baik itu lokal, nasional ataupun internasional, ikuti semua jika memang ada kesempatan. Keuntungan media internet adalah kamu bebas berkarya dimana saja dan untuk siapa saja, tidak memandang kamu dari daerah Indonesia ataupun Amerika.
6. Dari Mana Band Kita dapat Uang?
Band kamu dapat uang bisa dari hal - hal berikut ini, pertama adalah monetize youtube kamu, seperti janji Saya akan kita bahas dilain waktu. Atau Kamu bisa googling bagaimana cara monetize akun youtube Kamu.

Kedua, adalah dengan jualan merchendise band Kamu. Ketiga, menggandeng pihak promotor. Nah,pada poin ke tiga ini kuncinya ada di uang. Kamu bisa bayar promotor untuk band Kamu supaya tampil di event - event besar. Atau jika punya banyak duit bisa masuk label.

Okesekian dulu ya, sistematiknya buat band - band indie yang mau mengenalkan singlenya atau karyanya dan sekaligus saya kasih tips bagaimana cara dapatkan penghasilan nya dari ngeband.




Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar