Ekstrak Sirup Mapel Cegah Efek Negatif Penggunaan Antibiotik Jangka Panjang

Posting Komentar
Konsumsi antibiotik jangka panjang diketahui dapat membuat bakteri menjadi resisten atau kebal. Namun, hal itu bisa dicegah dengan konsumsi ekstrak sirup mapel.

Penelitian terbaru menyimpulkan, ekstrak sirup mapel dapat meningkatkan efektivitas kerja antibiotik dan mengurangi efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan antibiotik jangka panjang maupun yang tidak tepat sasaran.

http://beautynesia.id
Studi dilakukan oleh tim pimpinan Tufenkji, Ph.D dari McGill University di Quebec, Kanada. Mereka mengobservasi penggunaan ekstrak alami sirup mapel pada orang yang menjalani terapi antibiotik.

Antibiotik menjadi andalan di dunia medis untuk menangkal infeksi yang disebabkan oleh bakteri, tepatnya sejak penemuan penisilin pada 1929.

Namun, seringkali antibiotik disalahgunakan. Tak hanya dikonsumsi jangka panjang, antibiotik seringkali dikonsumsi untuk menangani penyakit yang tak disebabkan oleh bakteri, yang pada akhirnya justru menambah masalah kesehatan lainnya.

National Institutes of Health terus memperingatkan bahwa penggunaan antibiotik yang tidak tepat atau berlebihan dapat mengembangkan sejumlah penyakit seperti gonore, tuberkolosis, dan Infeksi Staph.

Penggunaan yang tidak tepat juga berpotensi membunuh sebagian besar bakteri baik, yang bertanggung jawab terhadap sistem imun dan menangkal infeksi.

Beruntung, Tufenkji dan timnya telah berhasil mencari solusi untuk masalah tersebut.

Baca juga :

Sumber :
  1. Metro Tv News. (2017). Ekstrak Sirup Mapel Cegah Efek Negatif Penggunaan Antibiotik Jangka Panjang. [Online]. Tersedia ; http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/JKRR02pK-ekstrak-sirup-mapel-cegah-efek-negatif-penggunaan-antibiotik-jangka-panjang. (5 April 2017).
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar