10 Macam Pemanis Alami Pengganti Gula

Posting Komentar
Memilih minuman tawar atau air mineral adalah salah satu cara sehat agar terhindar dari bahaya minuman manis atau gula yang terlalu banyak. Tapi tubuh juga memerlukan gula untuk tubuh. Pilih pemanis alami di bawah ini untuk pilihan yang lebih sehat.

http://klinikmitrasetiamedika.com

Madu Alami untuk Masak
Memasak menggunakan madu membuat masakan menjadi lebih nikmat dan rasa yang berbeda tergantung dengan jenis madu yang Minasan pakai.

Agave Nectar atau Ekstrak Agave
Ekstrak tanaman agave (semacam kaktus) ini mengandung indeks glikemik rendah tapi mengandung fruktosa yang cukup tinggi, jadi jangan konsumsi berlebihan.

Gula Kelapa untuk Adonan
Terbuat dari getah yang diekstrak dari pohon kelapa. Gula kelapa sama seperti gula merah, bisa dipakai dalam hidangan penutup.

Sirup Maple dari Getah Pohon Maple
Diekstrak langsung dari getah pohon maple yang mengandung zinc, magnesium, dan besi. Bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sirup Beras Merah Rendah Kalori
Terbuat dari beras merah yang rasanya hampir sama dengan karamel dan butterscotch. Satu sendok teh sirup beras merah hanya mengandung sekitar 13 kalori.

Alkohol Gula dari Buah dan Sayur
Turunan dari serat alami dalam buah dan sayur. Mengandung karbohidrat sehingga dikelompokkan ke dalam pemanis nutritif.

Sukrosa dari Gula Aren
Gula aren mempunyai kandungan sukrosa. Sukrosa dalam pencernaan akan diubah menjadi glukosa dan fruktosa.

Bit Pemanis Red Velvet
Warnanya merah alami jadi biasa digunakan sebagai pewarna alami untuk cake dan aneka hidangan. Cocok untuk dibuat pemanis red velvet karena rasanya tidak terlalu manis.

Gula Jagung Rendah Kalori
Berbahan dasar jagung, lebih rendah kalorinya daripada gula pasir dan gula merah, rasanya tidak terlalu manis.

Stevia Murni Bebas Kalori
Menghasilkan rasa manis yang lebih baik daripada gula karena bebas kalori. Stevia sendiri tidak menyebabkan gula darah naik asal jangan dicurah.

Baca juga :

Sumber :
  1. Beautynesia. (2017). 10 Macam Pemanis Alami Pengganti Gula. [Online]. Tersedia ; http://beautynesia.id/2788. (05 April 2017). 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar