Hemoglobin adalah

Hemoglobin. (foto : medicinenet.com)

ImadAnalis. Hemoglobin (/ hiːməˌɡloʊbᵻn, hɛ-, -moʊ - /); juga dieja hemoglobin dan disingkat Hb atau Hgb, adalah besi yang mengandung oksigen transportasi metalloprotein dalam sel darah merah dari semua vertebrata (dengan pengecualian dari keluarga ikan Channichthyidae) serta jaringan beberapa invertebrata.


Hemoglobin dalam darah membawa oksigen dari organ pernafasan (paru-paru atau insang) ke seluruh tubuh (yaitu jaringan) dan kembali karbon dioksida dari jaringan kembali ke paru-paru. Hemoglobin melepaskan oksigen untuk mengizinkan respirasi aerobik untuk memberikan energi untuk fungsi organisme dalam proses yang disebut metabolisme. (Wikipedia)


Hemoglobin terdiri dari empat molekul protein (rantai globulin) yang terhubung bersama-sama. Hemoglobin dewasa normal (disingkat Hgb atau Hb) molekul mengandung dua rantai alfa-globulin dan dua rantai beta-globulin. Pada janin dan bayi, rantai beta yang tidak umum dan molekul hemoglobin terdiri dari dua rantai alfa dan dua rantai gamma. Pada manusia telah dikenal kurang dari 14 macam Hb yang dipelajari secara mendalam dengan bantuan elektrokoresis. Hb diberi nama dengan simbol alfabeta misalnya ; Hb A, Hb C, Hb D, Hb E, Hb F, Hb G, Hb I, Hb M, Hb S, dan sebagainya. (Joice, 2008)


Apakah anda sedang mencari artikel lain sepertihemoglobin normal, hemoglobin tinggi, hemoglobinopati, hemoglobin itu apa, hemoglobin pdf, hemoglobin terdapat di dalam, hemoglobinuria adalah, hemoglobin pada ibu hamil, hemoglobin normal ibu hamil, hemoglobin rendah saat hamil, hemoglobin berfungsi untuk, hemoglobin darah, hemoglobin rendah artinya, hemoglobin mengikat oksigen membentuk, hemoglobinuria, hemoglobin mengandung unsur, hemoglobin sebagai senyawa protein penyusun eritrosit memiliki kemampuan mengikat, hemoglobinometer, hemoglobinopathy, hemoglobin adalah, hemoglobin adalah pdf, hemoglobin artinya, hemoglobin adalah protein pengikat oksigen yang terdapat pada jaringan darah yaitu di dalam, hemoglobin anak, hemoglobin a1c, hemoglobin anak rendah, hemoglobin apa sih, hemoglobin apa artinya, hemoglobin arti.


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts