Google's 'Circle to Search': Inovasi Pencarian Baru di Android untuk Pengalaman Browsing yang Lebih Efisien

Posting Komentar

 

Google's 'Circle to Search': Inovasi Pencarian Baru di Android untuk Pengalaman Browsing yang Lebih Efisien
Google's 'Circle to Search'. (Foto : art-vibes.com)

IMADANALIS - Hingga saat ini, mencari informasi saat browsing di ponsel Android melibatkan proses yang agak merepotkan, yaitu dengan beralih antara aplikasi secara tedius. 

Namun, Google mengumumkan fitur terbaru untuk pengguna Android yang disebut "Circle to Search," yang memungkinkan pengguna untuk menyorot atau menggambar sesuatu pada gambar atau video dan mencari informasi lebih lanjut — dalam jendela yang sama. 

Pengumuman ini bersamaan dengan acara Samsung Unpacked hari ini, dan Circle to Search akan tersedia di Samsung Galaxy S24 Series serta Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. 

Sayangnya, fitur ini eksklusif untuk pengguna Android, dan pengguna iPhone harus menahan diri.

Aktivasi Circle to Search sangat mudah dilakukan dengan menahan tombol home atau bilah navigasi di ponsel Android Anda, yang membuat bilah pencarian Google muncul di bagian bawah layar.

 Dari sana, Anda dapat menyorot atau menggambar sesuatu, dan bilah pencarian akan memperluas diri untuk menampilkan hasil pencarian objek yang Anda cari. 

Jika tahun lalu merupakan tahun puncak kepopuleran chatbot AI, tahun ini tampaknya menjadi tahun di mana AI dibangun ke dalam perangkat mobile dan perangkat keras (judul yang lebih menarik akan datang).

 Microsoft telah mengumumkan kunci Copilot yang mengaktifkan asisten AI-nya dari keyboard, dan CES dipenuhi dengan perangkat wearable dan perangkat terintegrasi AI. 

Tidak diragukan lagi bahwa perusahaan sedang mencari cara untuk membuat AI lebih berguna dan ramah pengguna.

Google memiliki tujuan utama dengan Circle to Search, yaitu terkait dengan belanja online — misalnya, melihat pakaian atau, seperti contoh yang diberikan, sepasang kacamata anjing, dan dapat menggunakan fitur ini untuk dengan mudah menemukan dan membeli produk tersebut.

 Namun, Circle to Search juga dapat digunakan hanya untuk mencari informasi. 

Gambarlah garis di sepanjang nama tren pada unggahan media sosial, atau sorotlah gambar corn dog yang dihias secara rumit dan tambahkan pencarian dengan "mengapa ini begitu populer" untuk menemukan dunia corn dog Korea. 

Hari ini, Google juga mengumumkan peningkatan generatif AI terkait untuk Multisearch, yang memungkinkan pengguna menunjukkan kamera ke suatu objek, seperti papan permainan lama, dan mencari informasi, seperti cara memainkannya. 

Teknologi multimodal ini mirip dengan fitur yang diluncurkan oleh OpenAI dengan ChatGPT.

Circle to Search akan diluncurkan bersamaan dengan seri Samsung S24, Google Pixel 8, dan Pixel 8 Pro pada tanggal 31 Januari dalam semua bahasa dan lokasi di mana perangkat tersebut tersedia.

 Inovasi ini diharapkan akan memberikan pengalaman pencarian yang lebih intuitif dan efisien bagi pengguna Android, serta menjadi langkah awal menuju integrasi yang lebih dalam antara kecerdasan buatan dan perangkat mobile.

 Seiring dengan terus berkembangnya teknologi AI, pengguna dapat berharap untuk lebih banyak fitur canggih yang membuat hidup sehari-hari semakin nyaman.***

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar