Pakaian Adat Indramayu Serba Hitam Ini Bernama Komboran

Posting Komentar

 

Pakaian Adat Indramayu Serba Hitam Ini Bernama Komboran
Pakaian Adat Daerah Komboran Khas Indramayu. (Foto : joeheadshot.wordpress.com)

IMADANALIS - Komboran merupakan baju khas serba hitam dan celana gombrang (kombor) yang digunakan oleh masyarakat (desa) untuk menggarap sawah atau ladang. Namun dalam perkembangan eksistensinya baju daerah ini dipakai untuk menghormati para petani yang menjaga stabilitas kehidupan di masyarakat ataupun dipakai untuk acara kegiaan seni dan tradisi kebudayaan. (joeheadshot 2024)

Pakaian dinas harian jenis komboran ini diwajibkan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Indramayu Nomor 93 tahun 2022 tentang pakaian dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu sebagai pangganti Perbup Nomor 27 tahun 2016. (mhnews 2024)

Komboran dengan ciri khas pakaian serba hitam dan celana gombrang / kombor ini merupakan pakaian yang biasa digunakan oleh beberapa perguruan silat, atau petani. Disetiap daerah selain Indramayu juga banyak dikenal jenis komboran. 

Secara pribadi, bagi Saya, perlu di kaji terlebih dahulu, seperti apa Komboran khas Indramayu, ikat kepalanya juga yang seperti apa. Karena, Indramayu merupakan gabungan dua kebudayaan yaitu Jawa dan Sunda. Harus di tentukan benar - benar budaya asli Indrmayu itu bagaimana.

Baju adat khusus acara kenegaraan Kabupaten Indramayu
Baju adat khusus acara kenegaraan Kabupaten Indramayu. (Foto : indramayujeh.com)


Sejak Hari Jadi kabupaten Indramayu ke 492 Tahun 2019, Pejabat tinggi daerah mengenakan pakaian khusus dengan pakaian bagian atas berwarna hitam dengan tutup kepala menggunakan blangkon khas Indramayu. Sementara, pakaian bawah dengan mode berselendang dengan motif singa barong.

Pakaian ini merupakan pakaian adat yang di pakai hanya pada kegiatan kenegeraan saja, salah satunya pada hari jadi Kabupaten Indramayu. 

Diketahui bahwa setiap tahunnya motif pada selendang selalu berubah dan pakaian ini merupakan pakaian yang biasa dikenakan pada zaman dahulu oleh priyayi.


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar