Pengalaman Satu Bulan Setelah Membeli dan Mengendarai Motor Listrik Mandala Volta Reguler

Posting Komentar
Pengalaman Satu Bulan Setelah Membeli dan Mengendarai Motor Listrik Mandala Volta Reguler

IMADANALIS - Bagi yang ingin membeli motor listrik, mungkin saya ada pengalaman tersendiri buat pembaca imadanalis.

Motor listrik saat ini belum menjadi keharusan, karena infrastruktur nya bagi saya yang saat ini sudah punya motor listrik belum merata.

Memang susah jika tidak sekarang untuk memulai, karena dengan tidak di mulai infrastruktur itu kapan akan dimulai dan di cicil.

Nah, oleh karena itu bagi anda yang ingin membeli motor listrik, pertimbangkan hal-hal berikut ini : 

Perlu ngga beli motor listrik?

Ya, sebenernya kamu perlu ngga beli motor listrik? Selain memang ini adalah program pemerintah, sebenerya perlu ngga?

Kan balik lagi ke kitanya, kita perlu ngga beli motor listrik? Kalau kamu adalah profesinya ojol di daerah (buka kota besar), pedagang yang harus membeli barang dagangan pakai motor ke luar kota, atau seorang mahasiswa yang harus pulang pergi keluar kota? mending pikir lagi sebelum beli motor listrik.

Kenapa memang? Kok harus dipikir lagi?

Jadi gini, mengingat jumlah penukaran batre ini sangat terbatas, apalagi seperti saya di kota kabupaten Indramayu pada tahun ini (Agustus, 2024) belum ada tempat penukaran batrei untuk motor Volta.

Menurut dealer Volta, untuk wilayah Cirebon sudah ada tempat penukaran batrei. Jadi, jika saya ke Cirebon, otomatis di Cirebon batrei saya habis, nah saya bisa menukar batrei nya di tempat penukaran batrei di dealer Volta Cirebon yang berada di jalan Tuparev.

Oke, jika jawaban Anda perlu memiliki motor listrik, kita ke pembahasan berikutnya.

Pertimbangkan Sewa Batrei Motor Listrik

Sampai saya menulis artikel ini, saya masih miskin informasi tentang sewa batrei. Namun, ada yang saya ketahui tentang sewa batrei di Volta. 

Pertama, pertimbangkan sewa batrei motor listrik yang murah.

Kenapa harus sewa batrei? kan kita sudah beli motornya!. Baik saya jelaskan sedikit, batrei ini masih impor. Jika rusak, maka untuk beli batrei ini harganya lumayan mahal. Untuk batrei Volta kisaran Rp. 5-7 juta. 

Yups, walaupun perawatan minim, namun kalau batrei sudah rusak. pengeluarnnya bisa sampai Rp.5 juta. 

Namun, di Volta sendiri ada garansi 1 tahun untuk bebas sewa batrei, dan kita bisa tukar batrei seumur hidup. 

Setelah satu tahun bagaimana? Ada sewa batrei paling murah itu Rp. 50.000/bulan. Keuntungannya, ketika batrei rusak ya tinggal tukar saja. Dengan catatan, batrei yang kita punya harus teregistrasi dulu di aplikasi Volta nya ya. 

Bang, motor listrik saya batreinya jadi hak milik kita, ngga perlu sewa batrei. Nah, kalau ada yang begini bagus dong. Ngga harus sewa batrei. Tapi coba tanyakan apakah kalau batrei rusak bisa ganti gratis atau bayar???

Jika ngga mau mengeluarkan bajet berjuta-juta untuk beli batrei, mending pilih opsi sewa batrei saja. Namun, pilih sesuai kebutuhan saja. 

Kalau saya, lebih memilih volta yang sewa batreinya Rp. 50ribu/bulan, karena jika dibandingkan dengan konsumsi BBM yang sebelumnya dalam 1 bulan habis bajet beli BBM Rp. 100.000 artinya dengan motor listrik saya bisa menghemat 50% nya (belum biaya listrik ya, nanti informasi nya akan sayaupdate).

Oke soal batrei sudah clear ya!

Jarak Tempuh Motor Listrik

Setiap motor listrik memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda. Untuk motor volta sendiri, jarak tempuh untuk motor mandala yang batreinya 1 itu katanya bisa mencapai 65 km. Jika di upgrade, katanya bisa mencapai 125 km. 

Anda bisa mengecek batreinya sebetulnya, berapa watt? kalau 1.000 watt ya kurang lebih jarak tempunya 60 km (lihat di e katalog).

Jika Anda membutuhkan motor listrik untuk mobilitas tinggi, Anda bisa memilih motor listrik dengan batrei diatas 1ribu watt.

Kembali lagi dengan biaya sewa nya bagaimana? Silahkan bisa ditanyakan di dealernya.

Harga Motor Listrik

Saat ini, motor listrik yang paling murah dengan batrei yang paling kecil. Anda bisa mengeceknya.

Ditambah lagi, saat ini pemerintah masih memberikan subsidi sebesar Rp. 7juta/motor listrik.

Jadi, jika Anda mau beli motor listrik Mandala Volta, Anda bisa menebus secara cash kurang lebih Rp. 12.5 juta saja.

Jika, Anda mau mencicil motor, skemanya akan berubah, silahkan bicarakan dengan dealer motornya ya. Karena nanti Anda akan di arahkan kepada penyedia pinjaman seperti Adira, dan lain-lain.

Apakah Anda akan di survey? Iya tentu saja, karena anda akan meminjam uang kepada pengelola dana tersebut baik adira ataupun bank. 

Apakah ada kendala pada motor listrik

Sudah mau sebulan saya mengendarai motor listrik. Awalnya saja ada penyesuaian, karena beda banget antara motor konvensional matic dan motor listrik. 

Di motor listrik ada 3 gigi di stang sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri klakson nya agak jauh. 

Setiap mengerem, gas akan off. Nah, disini perlu penyesuaian. Hati-hati jika Anda akan memutuskan untuk menyalip mobil, menanjak, antri di lampu merah, dlsb yang membutuhkan kecepatan pengereman dan narik gas. 

Oke sekian dulu ya, artikel saya tentang motor listrik. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca imadanalis, salam blogger. 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar