Diskusi Buku Budaya Indramayu

Posting Komentar
Semua Peserta Diskusi Buku Budaya Indramayu - BBC
Indramayu. Saya adalah termasuk anak muda, ciyee,, ups. yang suka dengan sejarah. Inget kata bung Karno, Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal pahlawan - pahlawannya, alias bangsa yang tau sejarahnya. 

Alhamdulillah Saya menemukan sebuah komunitas yang aktif dalam mencerdaskan anak muda Indramayu, belum banyak yang tahu, tapi kalau pergerakannya konsisten, inshallah pasti akan ada hasilnya. Iya, di Indramayu ada kelompok yang bernama BBC (Bintang Book Corner), yang pada tanggal 7 Juni kemarin mengadakan bedah buku atau diskusi buku budaya Dermayu (Indramayu).

Kalau saya saat ini, masih jungkir balik majuin musik Indramayu, tapi apa yang BBC lakukan patut saya apresiasi. Menurut saya apa yang telah dilakukan oleh BBC, harus disupport secara maksimal, supaya mereka tidak berhenti ditengah jalan. Jarang orang - orang yang seperti mereka.

Buku Budaya Dermayu - Supali Kasim.

Dalam acara Diskusi Buku Budaya Indramayu itu, saya hadir karena memang sangant menyukai sejarah, terutama sejarah Indramayu yang banyak diselimuti oleh misteri dan fantasi. Saat itu hadir penulis buku BUDAYA DERMAYU, Supali Kasim. Kalau saya sudah tidak asing mendengar nama beliau, karena beliau adalah teman dari Orang tua Saya.

Buku Budaya Dermayu itu membuka pemikiran kita bahwa dalam menelaah sejarah jangan hanya bersumber dari satu sumber, tapi harus dari bdiang keilmuan sejarahnya. Jangan hanya mengandalkan budaya lisan. 

Saya setuju jika BUDAYA tidak dilihat hanya dari Seni/Kesenian saja. Cakupan budaya itu luas, sebelumnya saya memahami satu hal tentang Budaya, yaitu manifestasi Bahasa dan bentuk kesadaran suatu Bangsa. Jika kita lihat orang - orang Indramayu ini beraneka ragam, ada suku Jawa Dermayu, dan Sunda Dermayu.

Salah Satu Halaman yang membicarakan tentang keluarga besar Saya yang Berbahasa Sunda di daerah Anjatan - Indramayu

Namun, apresiasi yang di tulis oleh Bpk. supali kasim tentang suku Sunda di Indramayu khususnya di daerah Anjatan, Desa Mangungjaya Blok Karang Jaya, ditulis dalam satu alinea secara khusus. Subhanallah, itu adalah asal - usul Keluarga besar Saya, yang datang ke Wilayah Indramayu di awal tahun 1900-an.

Diskusi ini juga saya jadi tahu ketua blogger Indramayu, yaitu kang Didno. Pokoknya, mudah2an apa yang Kita inginkan bersama, yaitu memajukan INdramayu, dengan cara Kita masing - masing dapat dijalani dengan baik. Ammiin
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar