7 Makanan Penghilang Bau Mulut

Posting Komentar

http://www.gadis.co.id
Salah satu faktor yang bisa bikin kita nggak pede adalah bau mulut. Nggak mau dong, ngobrol dengan gebetan, tapi mulut kita malah mengeluarkan bau nggak sedap? Makanya, konsumsi tujuh makanan penghilang bau mulut di bawah ini.



Bau mulut bisa terjadi, karena timbulnya bakteri dari sisa-sisa makanan yang ada di mulut kita. Beruntung, ada beberapa jenis makanan yang pas banget untuk menghilangkan bakteri.

1. Yogurt
Bukan sembarang yogurt, tapi yogurt tanpa gula. Penelitian di Jepang telah membuktikan bahwa yogurt tanpa gula bisa mengurangi senyawa berbau busuk yang bikin mulut kita bau. Selain itu, yogurt juga bisa mengurangi plak berlebih di gigi. Dijamin, mulut kita bebas bau!
Baca juga : Ketahui Tujuh Bagian Tubuh yang Tak Boleh Anda Sentuh
2. Permen Karet
Mirip dengan yogurt, lebih baik pilih permen karet yang bebas gula. Soalnya, gula justru bikin bakteri makin berkembang di dalam mulut. Selain itu, mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur, sehingga mulut kita nggak kering dan berbau.

3. Teh
Jenis teh merah dan teh hijau bisa mencegah bau mulut, lho. Soalnya, dua macam teh ini mengandung antioksidan berjenis polifenol yang bisa menghancurkan pertumbuhan bakteri. Lagi-lagi, usahakan minum dua macam teh ini tanpa menggunakan gula, ya.
Baca juga : Hindari 6 Kebiasaan ini, Agar Miss V Anda Sehat
4. Kayu Manis
Kayu manis ampuh menghilangkan bau mulut, lho. Dengan aroma kuat, kayu manis bisa membunuh bakteri dalam mulut. Cara menggunakannya, mudah saja. Cukup celupkan ke dalam teh.

5. Apel
Kata orang, “an apple a day, keeps the doctor away.” Yup, hal ini betul banget! Bahkan, apel juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Pertama, apel bisa meningkatkan produksi air liur, sehingga mulut kita tetap lembap. Kedua, sebagai buah yang kaya akan serat, apel bisa menjaga kesehatan mulut. Ketiga, apel juga bisa membantu mengurangi plak berlebih di gigi.
Baca juga :  Pada Orang Sehat, Urine pun Masih Bisa Menyimpan Bakteri
6. Alpukat
Jangan takut gemuk saat makan alpukat. Selain bisa bikin bibir makin merah, rambut berkilau dan mengencangkan kulit, masih ada manfaat lainnya dari alpukat. Kandungan lemak di alpukat bisa menghilangkan bau dari makanan yang membusuk di dalam perut. Lebih baik jika alpukat dikonsumsi langsung tanpa dicampur gula, susu, sirup atau lainnya.

7. Stroberi
Buah lain yang terkenal banyak khasiatnya adalah stroberi. Selain bisa menyembuhkan mata bengkak dan merawat rambut, stroberi juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau mulut. Bukan rahasia lagi bahwa stroberi kaya akan kandungan vitamin C. Nah, vitamin C itu terkenal akan kekuatannya membasmi bakteri dan kuman.

Sumber :
Gadis. 2016. 7 Makanan Penghilang Bau Mulut. Diakses tanggal 25 Oktober 2016. Link ; http://www.gadis.co.id/Ngobrol/7-makanan-penghilang-bau-mulut

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar