Apa itu Flebotomi (Video Youtube)

Posting Komentar
Teknik flebotomi merupakan bagian dari tata cara sampling atau pengumpulan bahan spesimen. Flebotomi sendiri merupakan keahlian khusus dalam mengumpulkan darah, di Indonesia yang dapat melakukan flebotomi adalah petugas medis (Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Perawat, dan Dokter).

https://www.cpcc.edu

Istilah Flebotomi
Flebotomi (berasal dari kata Yunani yaitu phlebo-, yang berarti "berkaitan dengan pembuluh darah", dan -tomy, yang berarti "membuat sayatan") adalah proses membuat sayatan di vena dengan jarum. Prosedur itu sendiri dikenal sebagai venipuncture . Seseorang yang melakukan proses Flebotomi disebut "flebotomist", meskipun dokter, perawat, ATLM dan lain-lain melakukan bagian dari prosedur flebotomi di banyak negara.

Ruang Lingkup Flebotomist
Flebotomist adalah orang-orang terlatih untuk mengambil darah pasien untuk uji klinis atau medis, transfusi, donasi, atau penelitian. 

Tugas flebotomist meliputi mengidentifikasi pasien dengan benar, dapat menjelaskan pemeriksaan yang diminta pada formulir permintaan, menyiapkan dan memilih tabung aditif yang tepat, menjelaskan prosedur untuk pasien dengan akurat, menyiapkan pasien dengan benar, berlatih form asepsis, berlatih standar dan kewaspadaan secara umum, melakukan sampling pada kulit/vena, mengumpulkan darah ke dalam wadah atau tabung, memulihkan hemostasis dari tusukan, menginstruksikan pasien pada perawatan pasca-tusuk, megorder pemeriksaan sesuai permintaan dokter, melakukan pelabelan pada tabung dengan elektronik printing / barcode, dan memberikan spesimen ke laboratorium.

Silahkan tonton Video Flebotomy dibawah ini :


Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana, semoga dapat menambah wawasan anda dalam dunia flebotomi.

Sumber :
  1. Infolabmed. (2017).  Apa itu Flebotomi?. [Online]. tersedia ; http://www.infolabmed.com/2016/03/apa-itu-flebotomi.html
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar