Bahaya Plastik Hitam untuk Membungkus Daging Kurban


Kresek-hitam berbahaya bagi daging kurban (Sumber : Liputan 6)
ImadAnalis. Menyebabkan penyakit, Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta meminta masyarakat agar menghindari penggunaan kantong plastik atau kresek berwarna hitam sebagai bungkus daging kurban. Ini karena dapat tertempel cemaran kimia berbahaya.

Sutarno mengatakan plastik berwarna hitam tidak aman karena merupakan hasil daur ulang dari berbagai macam plastik dengan proses yang tidak higienis. Menurut dia, bungkus yang paling tepat dan aman untuk daging kurban atau makanan lainnya adalah plastik bening atau transparan karena bukan hasil daur ulang.

"Maka kami anjurkan panitia kurban untuk pakai plastik transparan saja," katanya.

Selain itu, Sutarno juga berharap para panitia kurban yang bersentuhan langsung dengan daging dipastikan tidak sedang terkena flu atau penyakit menular lainnya.

"Karena daging mudah terkontaminasi virus-virus disekitarnya, saya berharap panitia kurban dalam keadaan sehat," ujarnya.

Sejumlah penyakit bawaan sapi juga perlu diwaspadai, di antaranya cacing hati, antraks, dan penyakit menular lainnya. (kompas).


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts