Hematologi



ImadAnalis. Hematologi adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari darah, organ pembentuk darah, dan penyakitnya. Asal katanya dari bahasa Yunani haima artinya darah.(Wikipedia).   Hematologi, dapat dieja juga sebagai haematologi (dari bahasa Yunani yaitu αἷμα , haima "darah," dan -λoγία, logi "ilmu"), adalah cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan studi, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan darah.

Sedangkan menurut American Society of Hematology, menyebutkan bahwa pengertian dari hematologi ialah studi tentang darah baik kesehatan dan juga  penyakit. Termasuk didalamnya adalah masalah dengan sel darah merah, sel darah putih, trombosit, pembuluh darah, sumsum tulang, kelenjar getah bening, limpa, dan protein yang terlibat dalam perdarahan dan pembekuan (hemostasis dan trombosis).

Secara umum, hematologi terbagi atas 3 bagian kecil menurut jenis dan grup sel darah yang dipelajari, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), Plasma darah dan pembekuan darah. 



Kata kunci : Hematologi pdf, hematologi analyzer, hematologi lengkap, hematologi dasar pdf, hematologi rutin, hematologi onkologi, hematologi led, hematologi dasar, hematologist, hematologi darah, hematologi rutin adalah, hematologi ppt, hematologi anak, hematologi analyzer pdf, hematologi analyzer lengkap, hematologi klinik ringkas, hematologi artinya, hematologi mcv, hematologi lengkap pdf, hematologi adalah, hematologi adalah pdf, hematologi apa, hematologi analyser, hematologi anak pdf, hematologi anak adalah, hematologi analyzer sysmex, hematologi analyzer harga, hematologi anak rscm, hematologi anemia pdf,
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts