Kemajuan Pemeriksaan Hematologi



ImadAnalis. Dalam sirkulasi darah didapatkan sel darah dan cairan yang disebut plasma. Sel darah tersebut terdiri dari eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), trombosit (sel pembeku darah). Pemeriksaan hematologi adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui kelainan dari kuantitas dan kualitas sel darah merah, sel darah putih dan trombosit serta menguji perubahan yang terjadi pada plasma yang terutama berperan pada proses pembekuan darah.

 
Pemeriksaan pada sel darah meliputi kadar hemoglobin, jumlah eritrosit, hematokrit, nilai eritrosit rerata (nilai NER), jumlah leukosit dan trombosit. Selain itu pemeriksaan hematologi meliputi pula hitung retikulosit, hitung eosinofil, aktifitas glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD), daya tahan osmotik eritrosit yang dikenal sebagai resistensi osmotik eritrosit, penetapan fraksi hemoglobin dalam eritrosit yang diperiksa dengan analisa hemoglobin, pemeriksaan sel lupus eritematosus (LE) serta penetapan golongan darah. Selain itu, pemeriksaan hematologi yang terpenting adalah pemeriksaan hitung jenis leukosit  disertai dengan penilaian morfologi sel darah yang dapat diketahui dengan pemeriksaan gambaran darah tepi. Pemeriksaan gambaran darah tepi dapat menilai kelainan bentuk dari eritrosit, leukosit dan trombosit yang dapat menimbulkan kelainan secara hematologis.

Pemeriksaan hematologi dapat dilakukan secara manual yang memakan waktu cukup lama dan tidak menunjukkan ketelitian serta ketepatan yang baik. Akhir-akhir ini dengan perkembangan teknologi dalam bidang laboratorium, jumlah sel darah dapat dihitung dengan metoda otomatis yang disebut blood cell counter.

Sumber :
  1. BioMedika. (2017). Pemeriksaan Hematologi. Tersedia ; http://www.biomedika.co.id/services/laboratorium/12/pemeriksaan-hematologi.html. (5 November 2017)

Artikel yang mungkin Anda cari ; hematologi led itu apa, hematologi led tinggi, hematologi lengkap led, hematologi mchc, hematologi mch, hematologi mcv mch, hematologi makalah, hematologi mindray, hematologi mcv mch mchc, hematologi monosit, hematologi mempelajari tentang, hematologi mpv, hematologi merupakan, hematologi mch adalah, hematologi mcv rendah, hematologi mindray bc 2800, hematologi materi, hematologi monosit tinggi, hematologi mch rendah, hematologi mencit, hematologi masa nifas, hematologi medistra, hematologi normal, hematologi normal manusia, hematologi normal kucing, hematologi nilai mc, hematologi normal anjing, hematologi normal pada anak, hematologi neutrofil batang, hematologi normal domba.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts