Bahayakah, Kadar Protein Positif Pada Ibu Hamil

Ilustrasi. (Foto : https://www.alodokter.com)

Imad Analis. Setiap ibu hamil, saat ini ketika menginjak usia kandungan pada minggu tertentu, maka baik dokter maupun bidan akan menyarankan untuk memeriksakan kadar Hemoglobin, kadar Guladarah, dan kadar Protein pada urin. 


Kenapa ibu hamil harus periksa protein dalam urin?

Protein adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Namun, jika jumlah protein dalam air seni menjadi berlebih, protein urine tersebut justru wajib diwaspadai. 

Kelebihan protein urine pada ibu hamil bisa menjadi pertanda infeksi saluran kemih (ISK), kerusakan ginjal, atau gangguan tertentu lainnya. Protein urine juga bisa menjadi tanda preeklampsia, jika disertai tekanan darah tinggi. Proteinuria (kelebihan protein pada urin) cenderung terjadi jika ibu hamil menderita tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, hamil usia tua, memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ginjal, berasal dari ras tertentu, mengonsumsi obat-obatan tertentu, menderita kelainan sistem imunitas, keracunan, atau trauma. 

Preeklampsia khusus terjadi pada wanita hamil, memiliki beberapa gejala: peningkatan tekanan darah, pembengkakan pergelangan kaki dan tangan, serta protein pada urin. Meski tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah preeklampsia, perawatan antenatal yang baik bisa memastikan kondisi ini tidak memburuk. Preeklampsia paling umum terjadi pada kehamilan pertama.



Apa yang Harus Ibu Lakukan?

Preeklampsia tidak dapat dicegah secara pasti, sehingga tidak ada suatu teknik yang dapat mencegah terjadinya preeklampsia pada ibu hamil. Namun terdapat beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membantu mengurangi resiko terjadinya preeklampsia seperti:
  • kurangi atau hindari penggunaan garam di makanan
  • minum cukup air putih 6-8 gelas sehari
  • jangan konsumsi makanan junk food, atau makanan yang digoreng dengan minyak banyak
  • istirahat cukup
  • olahraga secara rutin
  • jangan konsumsi alkohol
  • kurangi atau hindari konsumsi makanan/ minuman cafein
  • jaga higiene daerah vagina pada saat terjadi kehamilan, jangan biarkan menjadi lembab pada vagina, yang mana hal tersebut dapat mempermudah terjadinya infeksi pada saluran kemih 

Setelah mengetahui tentang bahayanya kadar protein pada urin. Namun, ibu diharapkan tetap tenang dan selalu melakukan kontrol kepada dokter spesialis kandungan dan bidan pendamping. 


Sumber :
  • Alodokter. (2018) Waspadai Protein Urine Berlebih Pada Anak Dan Ibu Hamil. [Online]. Tersedia : https://www.alodokter.com/waspadai-protein-urine-berlebih-pada-anak-dan-ibu-hamil. (28 Juli 2018)
  • Alodokter. (2018). Tanya dokter ; Cara mengatasi protein urine saat hamil. [Online]. Tersedia : https://www.alodokter.com/komunitas/topic/protein-urin-ginjal-3. (28 Juli 2018)
  • Ibu dan Mama. (2018). Bila Preeklampsia Menghampiri…. [Online]. Tersedia : http://ibudanmama.com/kehamilan/ensiklopedia-kehamilan/bila-preeklampsia-menghampiri/. (28 Juli 2018)

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda
Baca artikel :


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts