BEKAL MASA PENSIUN : Sudah Terlanjur Pensiun

Posting Komentar

Ada kalanya kita memang tidak mempersiapkan masa pensiun kita dengan benar, atau bahkan ada yang menunda – nunda masa pensiun kita sendiri, dan adakalanya kita tidak terlalu percaya diri untuk merencanakan masa pensiun kita, karena kita termasuk orang yang ga mau repot – repot membagi penghasilan. Namun bagaimana tipsnya jika kita sudah terlanjur pensiun? 
Masih dari majalah DOKTER KITA, bagi mereka yang sudah memasuki masa pensiun tapi belum memiliki persiapan, maka mereka kan menghadapi perubahan atau perbedaan pola hidupnya dari pola hidup yang sebelumnya. Hal yang paling efektif untuk melakukannya adalah dengan mengurangi tingkat konsumsi dan pengeluaran. Misalnya, yang biasanya mengeluarkan dana untuk keluarga mencapai 3 juta/bulan, maka pada masa pensiun harus menguranginya misalnya mencapai setengahnya, sehingga dana yang ada tidak cepat habis, begitu menurut Mike.
Selain itu, sebaiknya dana atau keuangan yang dimiliki pada masa pensiun digunakan dengan optimal atau sedemikian rupa kedalam keuntungan misal berwirausaha. Sehingga dari dana yang awalnya hanya sedikit itu, bisa tercipta penghasilan baru.
Melakukan sesuatu kegiatan dengan menciptakan penghasilan baru bukan hanya sekedar untuk memenuhi dana keuangan saja. Tetapi juga sebagai aktivitas mengisi waktu di usia tua. Namun bukan pula suatu keharusan untuk menciptakan penghasilan baru dangan  berusaha, tetapi sebagai sebuah pilihan. Karena bukan sekedar atau berpotensi untuk mendapatkan penghasilan saja yang dapat diperoleh, tetapi juga menjadi memiliki kegiatan yang sifatnya bernilai ekonomis.
Apalagi menurut Mike, ketika berada pada masa pensiun dan tidak memiliki kegiatan maka akan tercipta kebingungan. Ditambah lagi ketika muda atau sebelum masa pensiun adalah termasuk tipikal orang yang gemar bekerja  atau selalu ada kegiatan. Maka ketika sudah tidak tahu harus melakukan kegiatan apa, maka hal itu nantinya akan mengganggu kesehatan mental seseorang.

TIPS MASA PENSIUN YANG INDAH
Apabila  belum memiliki program pensiun, maka mulailah dari sekarang
Jika sudah  memiliki maka evaluasi terlebih dahulu kondisi keuangannya. Berapakah jumlahnya? Apakah sudah cukup atau sudah efektifkah untuk program pensiun yang akan dijalankan nanti?
Perhatikan pula adanya inflasi atau naik turunnya barang dan jasa. Jadi selama menabung juga harus memperhitungkan tingkat inflasinya, sehingga ketika pensiun tidak  merasa bahwa tabungan cepat sekali habis padahal jumlah menabungnya sudah besar. Karena mungkin nilai uang 10 juta dimasa sekarang akan berkurang nilainya ketika 10 tahun yang akan datang.
Jangan melakukan persiapan keuangan masa pensiun  secara dadakan. Karena setoran tabungan dan investasi jika dilakukan dari jauh – jauh haru hasilnya akan lebih agresif.
Terapkan kedisiplinan dengan memprioritaskan kegunaan uang. Maksudnya adalah bahwa tidak semua pengeluaran yang ingin dilakukan semuanya harus dilakukan. Jadi harus memprioritaskan yang benar – benar penting saja. Jika menuruti  segala hal yang di inginkan, maka tidak aka nada habisnya.
Lakukan atau pilih aktivitas hidup yang produktif atau yang tidak konsumtif. Karena akan lebih baik apabila kehidupan dijalankan dengan menciptakan sumber penghasilan baru ketimbang hidup konsumtif.

Gambar : http://www.go4healthylife.com/ 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar