Segarkan Otak Anda

Posting Komentar

Agar tak menjadi pribadi yang Stuck dan diri menjadi lebih berkembang, maka kita harus melaukan aktualisasi. Tak hanya itu, refresh  otak kita dengan latihan yang akan membuat kita makin cerdas. Berikut 10 trik agar kita lebih segar dan cerdas.

1. Evaluasi Diri
Temukan potensi diri. Cobalah untuk melibatkan teman, kerabat, ataupun pakar psikologi yang bisa secara teori memberikan masukan yang bermanfaat. Siapa tahu setelah berbagi cerita kepadanya, kita akan menemukan impian  yang sebenarnya dicari selama ini.

2. Latihan Otak
Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

3. Menghafal
Hafalkan nama teman – teman dan pasangan nomer teleponnya.  Latih supaya bisa mengingat lebih banyak. Kita juga bisa mempelajari dan menghafalkan tanggal – tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, dan perayaan tertentu.

4. Sesuatu yang baru
Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal – hal lain yang mungkin bukan bidang kita. Lakukan kontak dengan orang baru pula untuk menambah wawasan kita.

5. Amati
Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang kita lihat, mulai dari yang paling sederhana dan teruskan dengan observasi yang lebih rumit. Hal ini akan mengasah kepekaan dan konsentrasi kita.

6. Asah Indra
Asah indra kita dengan cara membedakan rasa makanan yang disukai  dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi – bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar kita.

7. Bahasa Asing
Untuk mempelajari bahasa asing, kita bisa belajar bahasa asing dengan menghafalkan puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang.

8. Huruf Acak
Latihan menghafal urutan angka berderet panjang. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya  ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokan  atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian.

9. Kemampuan Mengingat
Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Apa yang kita beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet sekarang? Latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak makin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkulasi aktif atau sinapsis otak. Semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.

10. Berdandan
Buat style yang cocok menurut kepribadian kita sendiri. Hal ini untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Karena kenyamanan penampilan, akan membuat kita merasa nyaman dimana saja, kapan saja, bersama siapa saja, dan dalam kondisi apa saja.

Sumber : Modis Tabloid Mode Islami : edisi 81 ; 30-13 Juli 2011

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar