Kurangi Minuman Ber-SODA!

Posting Komentar



Dicuaca panas seperti ini, obat dahaga hanya satu yaitu es ditambah dengan minuman soda, mantap rasanya. Namun apakah Anda tahu penyakit yang mengintai jika Anda berlebihan dalam mengkonsumsi Soda, berikut resiko yang akan timbul jika terlalu sering minum – minuman ber-Soda :

  1. Obesitas. Penyakit kelebihan berat badan 75% dari berat badan ideal ini merupakan faktor utama penyebab meningkatnya risiko diabetes, (terutama diabetes tipe 2) dan penyakit kardiovaskular. Pada kehamilan, penyakit diabetes dapat mepengaruhi bobot janin menjadi terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.
  2. Hipertensi. Kandungan kafein dalam minuman bersoda dapat menjadi pencetus munculnya hipertensi. Pada kehamilan, hipertensi dapat mendorong terjadinya kelahiran premature.
  3. Melemahkan sistem imunitas. Ilmuwan telah membuktikan, gula dapat menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Soft drink yang mengandung 12 sendok the gula cukup melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat, yaitu sebesar 60% selama 5 jam. Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan, apalagi bila ditambah makanan begula lainnya, berpotensi membuat sel-sel darah putih tidak berkerja efektif untuk bebrapa jam setiap hari.
  4. Kesehatan tulang dan osteoporosis. Minuman ringan yang memiliki kadar asam fosfat tinggi menyebabkan peningkatan asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan resiko terhambatnya penyerapan kalsium dalam tubuh serta berdampak terhadap penurunan massa tulang. Selanjutnya sudah dapat didugam potensi untuk terkena osteoporosis pun semakin tinggi.


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar