TIPS SEHAT : Cegah Sejak Dini (Gangguan Osteoporosis)

Posting Komentar


Osteoporosis adalah berkurangnya massa tulang akibat kurangnya asupan kalsium dari makanan sehingga tulang mudah patah. Kejadian ini sering dialami pada usia lanjut. Sedangkan pada anak-anak, kekurangan vitamin D mengakibatkan kurangnya penyerapan kalsium dari makanan sehingga tulang anak menjadi lentur dan bengkok, terutama pada tulang tungkai, yang dikenal dengan sebutan rakitis.

Pencegahan :
  • Pastikan anak dapat memperoleh vitamin D dari sinar matahari pagi. Berikan kesempatan untuk melakukan aktivitas di luarruangan ini sekitar pukul 07.00-09.00 selama 10-15 menit.
  • Banyak mengonsumsi bahan makanan yang kaya kalsium (seperti susu, telur, ikan dan kacang-kacangan) setidaknya 2-3 kali dalam sehari.


Sumber : Nakita-No. 653/Th.XIII/ 3 – 9  Oktober 2011| Hal : 6 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar