TIPS SEHAT : Cegah Sejak Dini (Penyakit Kanker)

Posting Komentar


Penyakit ini ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menyebabkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal). Bentuk kelianan siklus sel lainnya adalah sel yang mampu menyerang jaringan biologis di dekatnya. Atau, sel yang bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan  agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen.

Pencegahan :
  • Penelitian menunjukkan 30-35% kanker dapat dicegah dengan konsumsi buah dan sayur. Pola makan yang kurang kandungan serat dan kurang asupan sayur-buah yang kaya akan senyawa antioksidan akan meningkatkan risiko untuk terjadinya kanker. Untuk mencegah kanker pada anak-anak, berikan makanan rendah lemak, tinggi serat, tinggi vitamin A, E, dan C. 
  • Sejak dini ajari anak pandai memilih makanan yang akan dikonsumsi, pun cara mengkonsumsinya. Kanker diyakini terjadi akibat asupan energy berlebih, konsumsi makanan tinggi lemak (gorengan), makanan yang dibakar (mengandung karbon), dan makanan kemasan dengan pewarna berbahaya (seperti rodamin dan lain-lain),  karena makanan tersebut bersifat karsinogenik, si pencetus terjadinya kanker. Maka hal-hal yang dapat mencetuskan terjadinya kanker memang harus dihindari sejak dini.


Sumber : Nakita-No. 653/Th.XIII/ 3 – 9  Oktober 2011| Hal : 7 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar