Antara Budaya Lokal, Melayu dan lainnya

Posting Komentar
Ninki Zhupi - Indramayu Band


Budaya lokal Indramayu, bagi sebagian anak muda khususnya saya, sudah mulai tergerus zamannya. Lihat saja ada beberapa kesenian seperti Singa depok walopun berasal dari daerah sunda, yup kultur masyarakat Indramayu sebagian adalah juga orang Sunda, kini Singa Depok Sudah terkombinasikan dengan entertainment modern menjadi SINGA DANGDUT.

Ada lagi kesenian bernama TARLING, saya blm pernah mendengar kesenian murni Tarling itu seperti apa? yang saya lihat bahkan sering saya lihat dan dengarkan adalah ORGAN DANGDUT. Mungkin dua kesenian ini perlu menyesuaikan dengan perkembangan zamannya.

Nah, bagaimana dengan minat anak muda Indramayu? Saya yang tumbuh besar di dunia musik, mengenal musik dari NOL sampai sekarang, mengenal anak muda Indramayu tumbuh dengan hegemonis kebarat - baratan dan musik global. Ya, walopundari 100 anak muda Indramayu 2 atau 3 orang menyukai jenis musik Dangdut dan kerabatnya.

Dengan adanya era informasi dan berkembangnya dunia tekhnologi, semakin jaim saja anak - anak muda Indramayu, banyak bergelut dengan dunia musik, ya hampir semua orang suka musik, namun anak mudanya nggan memperdalam kesenian daerahnya. Mungkin hanya sebagain saja, mereka yang menggeluti dunia SINGA DANGDUTlah yang perlu di apresiasi sebagai generasi penerus kesenian daerah, yang walopun pada praktiknya kesenian tersebut haru mengikuti pola pasar juga tentunya.

Bagaimana dengan prilaku kita terhadap musik daerah? Akan saya ceritakan di catatan Berikutnya.. :D

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar