Jerman Berhasil Ujicoba Vaksin Kanker Ginjal

Posting Komentar
Ilustrasi Vaksin


IPOSnews, 2/10 (WINA) – Pengembangan vaksin ginjal oleh beberapa ahli kanker di Jerman telah mengalami kemajuan besar. Karena hasil awal ujicoba vaksin itu mulai menjanjikan, demikian laporan yang dirilis Senin (1/10) waktu setempat.

Sebagaimana diketahui, studi pertama mengenai vaksin itu dilakukan pada 19 pasien dengan sel ginjal karsinoma sangat tinggi sehingga bentuk lain terapi tidak lagi efektif. Sebanyak 10 pasien menuntaskan rangkaian vaksinasi lengkap.

“Tujuh pasien masih hidup dan penyakitnya telah stabil selama 65 pekan,” kata Ingo Schmidt-Wolf dari Center for Integrated Oncology di Bonn, Jerman, kepada Masyarakat Eropa bagi Onkologi Medis 2012 di Wina.

Ia menambahkan, kualitas hidup semua pasien tersebut meningkat selama masa perawatan, dan dampaknya relatif kecil, demikian laporan Xinhua –yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa pagi.

Bagi dua pasien, penyakit itu malah berhenti berkembang dalam waktu 12 pekan, dan selama kelanjutan pemberian vaksin penyakit mereka berkurang dan akhirnya stabil.

Tahap II studi klinik tersebut saat ini direncanakan akan ditujukan kepada pasien yang kehilangan keefektifan tahap pertama dan kedua pengobatan dan vaksin itu menjadi pilihan berikutnya.

Sumber : IPOSNEWS
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar