54 DAM (Depot Air Minum) di Indramayu terdeteksi mengandung bakteri

Posting Komentar
Bakteri E.Coli | http://ad4msan.com/
INDRAMAYU - Masyarakat di Kabupaten Indramayu yang biasa mengkonsumsi air minum galon isi ulang, harus berhati-hati. Berdasarkan pemeriksaan Dinas Kesehatan setempat, puluhan depot air minum (DAM) isi ulang mengandung bakteri E Coli.

Kasi Pembinaan dan Pengawasan Tempat Pengelolaan Makanan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Wahyurini, menjelaskan, total depot air minum (DAM) yang diperiksa mencapai 144 DAM. Dari jumlah itu, sebanyak 54 DAM terbukti mengandung bakteri E Coli.

''Bakteri E Coli bisa menyebabkan penyakit diare,'' ujar Wahyurini, saat ditemui di ruang kerjanya, hari ini.

Wahyurini menjelaskan, DAM yang tercemar bakteri itu tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu. DAM-DAM tersebut terletak jauh dari pusat perkotaan. Menurut Wahyurini, keberadaan bakteri dalam air minum galon isi ulang itu disebabkan tiga faktor. Yakni dari air bakunya yang tercemar, alat pengolahan yang tidak sesuai standar dan orangnya yang tidak paham tentang sanitasi.

''Jadi tidak menjamin air galon isi ulang siap minum. Harusnya direbus dulu sebelum diminum'' tutur Wahyurini.

Wahyurini mengaku, sudah mengundang para pemilik DAM yang tercemar bakteri tersebut. Pihaknya meminta agar mereka mereka menguji air galon produk mereka ke labkesda minimal tiga bulan sekali. ''Kami pun bekerja sama dengan para camat untuk membantu melakukan pengawasan dan pembinaan,'' tutur Wahyurini.

Sumber : http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=319684:54-dam-terdeteksi-mengandung-bakteri&catid=95:nusantara&Itemid=146
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar