Proyek Palabuhan Batu Bara tak Terdengar Lagi

Posting Komentar
Induk Terminal Batubara Banten | http://humaspdg.wordpress.com/
INDRAMAYU, (PRLM).- Proyek pembangunan pelabuhan batu bara di Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, yang sempat mencuat pada 2012 silam tidak terdengar kelanjutannya sampai kini. Perkembangan terakhir yang terdengar sejauh ini baru seputar penandatanganan nota kesepahaman antara Pemda Indramayu dengan investor proyek, PT Kasepuhan Bulk Terminal, pada tahun 2012.

Kepala Desa Sukahaji, Kecamatan Patrol, Mukrowi, mengatakan, dirinya sempat menghadiri momentum penandatangan nota kesepahaman pada 2012 silam. Dia juga sempat mengutarakan kepada investor mengenai harapan masyarakat desanya bila proyek itu berjalan, yakni agar tidak menimbulkan gejolak. Nasib nelayan diperhatikan kelanjutannya, kemudian masalah amdal pun bisa disikapi dengan sungguh-sungguh.

Sepanjang tidak ada gejolak di masyarakat, ujar dia, pihak Desa Sukahaji tidak menganggap pembangunan pelabuhan batu bara itu sebagai sebuah masalah. "Namun demikian, dari MOU itu dilaksanakan sampai sekarang, belum ada lagi tindak lanjutnya seperti apa. Bisa dibilang sudah hilang komunikasi," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/3/2014).

Desa Sukahaji merupakan salah satu dari tiga desa yang akan terkena proyek itu di Kecamatan Patrol. Kedua desa lainnya adalah Desa Bugel, dan Patrol Lor.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar, mengatakan, informasi yang dia dapatkan sejauh ini adalah, bahwa ada beberapa kendala yang menyebabkan proyek itu terhambat. Dia menyebutkan, proyek itu terbentur oleh aturan kedalaman laut untuk pelabuhan.

Menurut dia, berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan itu, kedalaman pelabuhan tidak boleh melebihi tujuh meter. Namun di sepanjang pantai utara Indramayu, terutama Kecamatan Patrol, kedalaman lautnya rata-rata mencapai lebih dari tujuh meter. "Kedalaman pelabuhan itu mencapai antara 12-21 meter," ujarnya. (A-204/A_88)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/273708
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar