Manifestasi Pemikiran Untuk Indramayu

Posting Komentar

Saya sangat mencintai daerah ini, Indramayu. Tidak ada kata lagi yang bisa saya ungkapkan selain "CINTA". Saya mencintai Indramayu bukan hanya untuk mencari sensasi rasa mencintai itu sendiri. Saya merasa prihatin dengan image Indramayu selama ini. Jika saya menuangkan pemikiran ini untuk Indramayu, maka akan banyak yang akan di tulis di blog ini.

Manifestasi pemikiran ini adalah keluah kesah batin saya dengan Indramayu, banyak hal yang harus dilakukan oleh Indramayu, untuk menjadi daerah nomer satu dan tercantik di Jawa Barat. Untuk mempercantik Indramayu tidak sulit, Gampang. Dengan begitu Indramayu akan menjadi salah satu tujuan wisata domestik akan tempat wisatanya yang cantik dan elok. 

Apa saja yang harus di bangun? berikut ini manifestasi pemikiran saya untuk Indramayu. Saya membagi beberapa yang harus di bangun oleh pemerintah Indramayu, yaitu :
  1. Pusat Pemerintahan
Austrian Parliament Building (Vienna, Austria)

Saat ini pusat pemerintahan Indramayu masih terpisah - pisah, ini yang akan menyulitkan masyarakat Indramayu untuk membuat kebijakan - kebijakan kedepannya. Pusat pemerintahan ini bisa dibangun berdasarkan gaya arsitek lokal atau gaya Romawi Klasik (Saya termasuk penggemar arsitektur Romawi Klasik). Saya ingin melihat gedung pemerintahan di Indramayu terkolektif di gedung seperti ini, karena di beberapa kota di Amerika Seriakt, gedung pemerintahannya bergaya Klasik. Jika Indramayu memiliki gedung pemerintahan seperti ini, saya yakin Indramayu bisa menjadi Cantik dari daerah - daerah lain di Jawa Barat.

2. Pusat Edukasi


Saat ini Indramayu sudah memeiliki bangunan semacam dan hampir dicita- citakan sebagai Pusat Edukasi di Indramayu. Saya sangat suka dengan cita - cita ini, selain warga Indramayu bertambah akan intelektualitasnya, juga bertambah wawasan ilmu pengetahuannya. Bangunann ini bertempat di daerah Dayung Indramayu kota. Sebuah tempat wisata yang berharap di sulap menjadi tempat wisata bermain dan belajar.

Penertiban - penertiban disekitar lokasi wisata edukasi ini seharusnya dilaksanakan dari sekarang, sebelum menjamurnya tempat esek - esek disekitar Dayung. Perlu adanya perubahan Total terhadap dayung, baik itu akses masuk dan keluar Daerah wisata Dayung, agar situs belajar yang kita harapkan sesuai dengan kenyataannya. Yang seharusnya, tempat seperti ini bisa melebihi kualiatsnya dengan anggaran mencapai Rp. 15 miliar. Pembangunannya memakan banyak waktu, sehingga saya yakin dalam pembangunannya sebagian uangnya masuk ke perut - perut pengambil kebijakan, dan yang lainnya.

Geisel Library | http://bluesyemre.com/

Dibawah ini adalah model yang sangat saya sukai tentang tempat / lokasi Edukasi seperti di salah satu perpustakaan di US, Theodor Geisel, lebih dikenal dengan Dr.Seuss, Uc San Diego Geisel salah satu perpustakaan dengan bangunan paling modern di dunia. Perpustakaan ini bila dilihat sekilas seperti angkasa. Perpustakaan ini dibangunan tahun 1970 dirancang oleh Arsitek William Peraira dengan fasilitas peluncuran, seperti yang tergambar di film-film Sci-fi.

3. Pusat Ke- Agamaan

Masjid Rijeka, Kroasia | http://neheslife.blogspot.com/
Sebagai Seorang Muslim, dan sebagian besar Warga Indramayu adalah warga yang beragama Islam, maka saya ingin sekali ada bangunan khusus sebagai pusat ke agamaan bagi warga Indramayu, sebaiknya bangunan ke agaman ini berupa Masjid yang bisa digunakan berbagai acara, baik itu untuk shalat, pengajian juga berbagai kegiatan lainnya.

BEBERAPA FUNGSI DAN PERAN MASJID 

Masjid memiliki fungsi dan peran yang dominan dalam kehidupan umat Islam, beberapa di antaranya adalah: 

1. Sebagai tempat beribadah 

Sesuai dengan namanya Masjid adalah tempat sujud, maka fungsi utamanya adalah sebagai tempat ibadah shalat. Sebagaimana diketahui bahwa makna ibadah di dalam Islam adalah luas menyangkut segala aktivitas kehidupan yang ditujukan untuk memperoleh ridla Allah, maka fungsi Masjid disamping sebagai tempat shalat juga sebagai tempat beribadah secara luas sesuai dengan ajaran Islam.

2. Sebagai tempat menuntut ilmu 

Masjid berfungsi sebagai tempat untuk belajar mengajar, khususnya ilmu agama yang merupakan fardlu ‘ain bagi umat Islam. Disamping itu juga ilmu-ilmu lain, baik ilmu alam, sosial, humaniora, keterampilan dan lain sebagainya dapat diajarkan di Masjid.

3. Sebagai tempat pembinaan jama’ah

Dengan adanya umat Islam di sekitarnya, Masjid berperan dalam mengkoordinir mereka guna menyatukan potensi dan kepemimpinan umat. Selanjutnya umat yang terkoordinir secara rapi dalam organisasi Ta’mir Masjid dibina keimanan, ketaqwaan, ukhuwah imaniyah dan da’wah islamiyahnya. Sehingga Masjid menjadi basis umat Islam yang kokoh.

4. Sebagai pusat da’wah dan kebudayaan Islam 

Masjid merupakan jantung kehidupan umat Islam yang selalu berdenyut untuk menyebarluaskan da’wah islamiyah dan budaya islami. Di Masjid pula direncanakan, diorganisasi, dikaji, dilaksanakan dan dikembangkan da’wah dan kebudayaan Islam yang menyahuti kebutuhan masyarakat. Karena itu Masjid, berperan sebagai sentra aktivitas da’wah dan kebudayaan.

5. Sebagai pusat kaderisasi umat 

Sebagai tempat pembinaan jama’ah dan kepemimpinan umat, Masjid memerlukan aktivis yang berjuang menegakkan Islam secara istiqamah dan berkesinambungan. Patah tumbuh hilang berganti. Karena itu pembinaan kader perlu dipersiapkan dan dipusatkan di Masjid sejak mereka masih kecil sampai dewasa. Di antaranya dengan Taman Pendidikan Al Quraan (TPA), Remaja Masjid maupun Ta’mir Masjid beserta kegiatannya.

4. Pusat Budaya dan atau Opera House
Palau de les Arts Reina Sofia (Valencia, Spanyol) | http://mengakubackpacker.blogspot.com/

Penting sekali adanya PEKAN BUDAYA di Indramayu, untuk mengenalkan dan menceriterakan Cerita - cerita masa kerajaan tempo dulu. Selain itu, PEKAN BUDAYA bisa menggali rasa cinta tanah air lebih dalam lagi kepada generasi muda dan mudi di Indramayu, untuk lebih mencintai dan  menghargai nama daerahnya, Indramayu.

Saya mengamini juga, adanya Bangunan yang di khususkan untuk PUSAT BUDAYA di Indramayu. Juga, selain Pusat Budaya, Kita yang sekarang berada di zaman yang serba unik, perlu adanya bangunan khusus yang menarik untuk Indramayu, seperti gedung Opera Palau de les Arts Reina Sofia yang berada di Valencia, Spanyol. 

Gedung seperti inilah dan sejenisnya, diharapkan bisa dibangun di tengah - tengah kota Indramayu, sehingga Indramayu dapat memiliki landmark baru sebagai kota cantik dan indah. Berbagai event bisa di adakan di area Gedung PUSAT BUDAYA ini, baik itu acara PEKAN BUDAYA, Acara Musik, dll. Jika PEMDA kita cermat melihat  ini sebagai peluang, maka Indramayu akan menjadi salah satu kabupaten dengan tingkat kemajuan tercepat dan  terbaik se Indonesia. Aamiin.
 


Sumber : 
1. FUNGSI DAN PERAN MASJID, http://www.masjidrayavip.org/index.php?option=com_content&view=article&id=125:fungsi-dan-peran-masjid&catid=45:artikel-islam&Itemid=67

2. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar