Sebuah Cita - Cita Pemuda Indramayu

Posting Komentar
Tari Topeng | http://nurokim.blogspot.com/
Banyak nih di kepala yang ingin saya tuangkan dalam bentuk tulisan - tulisan dalam membangun Indramayu tercinta. Setelah pemikiran saya untuk membangun Monorel yang harus SEGERA dipercepat, dan jangan Menunggu untuk pembangunannya agar tidak terjadi adanya miss transportasi di Indramayu. Sebuah KEHARUSAN bagi Indramayu untuk memikirkan sistem transportasi alternatif lain selain ELP, dan KOPAYU yang sudah tak layak jalan. Contohnya tadi pagi, saya melihat KOPAYU Mogok di Pantura daerah Larangan, kemudan sepanjang PATROL sampai Indramayu saya melihat pengemudi ELP yang ugal-ugalan, dengan bodi ELP yang sudah tidak ada penutup bagasi belakangnya, sayangnya saya sedang mengendarai motor, sehingga tidak bisa mempublikasikannya di Blog ini. Supaya apa yang saya tuliskan disini adalah sebuah pembelajaran, bahwa Indramayu memang sangat membutuh kan sistem transportasi pembaharu, sistem yang benar - benar Baru. Bukan mengubah bentuk dari lama menjadi baru, karena itu buka SOLUSI, tapi MASALAH BARU.

Baca disini : Sistem Transportasi di Indramayu yang IDEAL (Menurut Imad.Blog's.com)

Tulisan ini memang bukan sebuah BERITA, melainkan sebuah manifestasi pemikiran seorang pemuda Indramayu agar Indramayu bisa menjadi lebih baik lagi. Setelah saya lulus, saya dengan senang hati bisa kembali ke Indramayu dan mengabdikan semua hidup saya untuk Indramayu, karena saya merasa dan memiliki peran untuk memajukan Indramayu, tidak seperti para pendatang lainnya, hanya ingin merusak Indramayu.

Tugu Mangga 2014

Selain itu, saya mencita - citakan ada sebuah Landmark baru di Indramayu, belakangan ini, Indramayu mengalami perbaikan muka, alias disolek kembali untuk titik - titik tertentu, supaya Indramayu bisa mendapatkan Piala Adipura, untuk kategori kota sedang. Saya akui, cara Indramayu sekarang menyulap beberapa icon Indramayu di sentuh oleh seni khas di Indramayu yang mendunia dan membanggakan tentunya. 

Namun ada beberapa manifestasi pemikiran saya terbaru, yaitu tentang di bangunnya beberapa Pusat Kebudayaan dan mencirikan kemajuan dan keunikan Indramayu itu sendiri. Ya, Indramayu adalah sebuah daerah yang penuh dengan "Keistimewaan". Ada beberapa Ke Istimewaan Indramayu, :

Pertama : Indramayu adalah sebuah kabupaten di daerah Jawa Barat dengan banyak penduduknya berbahasa khas Indramayu, walaupun sebagian Indramayu barat kebanyakan berbahasa Sunda, dan dialek nyapun berbeda dengan Sunda pada umumnya, Jawanyapun berbeda dengan Jawa tengahan.

Kedua : Banyaknya warga pendatang, membuat beberapa wilayah di Indramayu memiliki corak ragam dan budaya sendiri - sendiri, sehingga inilah yang saya katakan mungkin adalah kekayaan budaya Indramayu, salahsatunya.

ketiga : Pada umunya beberapa daerah Indramayu memiliki ketinggian 0 - 8 meter diatas permukaan laut dan wilayah dataran rendahnya berkisar antara 0 – 6 m di atas permukaan laut berupa rawa, tambak, sawah,pekarangan. Kabupaten Indramayu sebagian besar permukaan tanahnya berupa dataran dengan kemiringan antara 0% - 2% seluas 201.285 ha (96,03%) dari total wilayah. 

Ke empat : 
Letak Kabupaten Indramayu yang membentang sepanjang posisi pantai utara pulau jawa membuat suhu udara di Kabupaten Indramayu cukup tinggi berkisar antara 22.9 – 30 C. Tipe iklim di Indramayu termasuk iklim tropis, menurut klasifikasi schmidt dan ferguson termasuk iklim tipe D (iklim sedang) dengan karakteristik iklim antara lain:
1. Suhu udara harian berkisar antara 22,9º-30º dengan suhu udara tertinggi 32 C dan terendah 22 C
2. Kelembaban udara antara 70-80%
3 .Curah hujan sepanjang tahun 2011 adalah sebesar 1.287 mm dengan hari hujan 80 hari.
4.Curah hujan tertinggi sekitar 1287 mm dan jumlah hari hujan sebanyak 80 hari yang terjadi dikecamatan Sindang dan Pasekan sedangkan curah hujan terendah sekitar 538 mm dengan jumlah hari hujan 54 hari terjadi di kecamatan Patrol.
5.Angin barat dan angin timur tertiup secara bergantian setiap 5-6 bulan sekali.

Ke lima : Secara hidrologi sumber air yang terdapat di Kabupaten Indramayu meliputi air permukaan dan air tanah. Air permukaan berupa sungai dan air genangan yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) sedangkan air tanah tertekan yang dieksploitasi melalui sumur-sumur pompa. Kabupaten Indramayu merupakan daerah hilir dari aliran sungai yang sangat potensial sebagai sumber air bagi kebutuhan masyarakat baik untuk pertanian, industri maupun bahan baku air bersih.

Daerah Aliran Sungai tersebut yaitu Cipunegara, Cipancuh, Sewo, Mang Setan, Bugel, Legok, Eretan, Cilet, Tuan, Cilalanang, Cipanas, Cipondoh, Cibelerang, Pangkalan, Semak, Maja, Rambatan, Cimanuk, Kelolo, Prawiro, Darung, Gebang, Sawit, Glayem, Kamal, Sigedang, Bobos, Oyoran, Pamengkang, Cimanis, dan Kumpulkuista.

Dari beberapa kelbihan yang dimiliki Indramayu dilihat secara SDA-nya, Harusnya Indramayu bisa di tata kelola lebih baik lagi dari hari ini. JANGAN BERHENTI, semua akan bisa terwujud jika kita bisa dan yakin untuk melakukan semua perubahannya.

Sumber : 
Indramayukab.go.id
http://www.indramayukab.go.id/profile/49-kondisi-wilayah.html
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar