Ribuan Pengguna Android Terinfeksi Virus Trojan 'Guide For Pokemon Go!', Ini Akibatnya

Posting Komentar
Ilustrasi (http://suryamalang.tribunnews.com)

Para pengguna Android harus waspada dengan keberadaan virus Trojan yang mengatasnamakan game terkenal dan tengah digandrungi, Pokemon Go!.

Menurut press release Kaspersky Lab, para ahli antivirus ini menemukan ada aplikasi Pokemon Go! yang terjangkit virus Trojan. Nama aplikasi itu adalah 'Guide for Pokemon Go!'.

Aplikasi itu berada di Google Play Store dan sampai saat ini sudah diunduh lebih dari 500.000 kali. Dari angka itu, setidaknya ada 6000 ponsel yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Berdasar daata mereka para pengguna yang terinfeksi virus ini berada di tiga negara, yakni Indonesia, Rusia dan India.


"Hasil analisis Kaspersky Lab terhadap Trojan "Guide for Pokémon Go" menemukan kode berbahaya yang dapat mengunduh rooting malware, mengamankan akses ke inti Android OS untuk keperluan instalasi aplikasi serta penghapusan dan tampilan iklan.

Setelah hak rooting diaktifkan, Trojan akan menginstal modul ke dalam sistem folder dari perangkat, diam-diam menginstal dan menghapus aplikasi lain dan menampilkan iklan yang tidak diinginkan kepada pengguna," tulis Kaspersky lab dalam releasnya.

Analisis dari Kaspersky Lab menunjukkan bahwa setidaknya ada satu versi lain dari aplikasi Pokémon Guide berbahaya yang tersedia di Google Play Store pada bulan Juli 2016.

Peneliti telah melacak kembali setidaknya sembilan aplikasi lain yang terinfeksi oleh Trojan yang sama yang tersedia di Google Play Store pada waktu yang berbeda sejak Desember 2015.

Data kami menunjukkan bahwa telah ada lebih dari 6.000 infeksi yang sukses hingga saat ini, termasuk di Rusia, India dan Indonesia.

"Di dunia online, di mana pun pengguna berkumpul, maka para penjahat siber dengan cepat selalu mengikuti. Tidak terkecuali Pokémon Go.

Korban Trojan ini mungkin, pada awalnya, tidak menyadari adanya peningkatan yang menjengkelkan dan mengganggu dari iklan, tetapi implikasi jangka panjang dari infeksi bisa menjadi jauh lebih berbahaya.

Meskipun aplikasi ini telah dihapus dari Play Store, setidaknya ada hampir setengah juta orang di luar sana yang rentan terhadap infeksi - dan kami berharap pengumuman ini akan mengingatkan mereka untuk segera mengambil tindakan," kata Roman Unuchek, Analis Malware Senior, Kaspersky Laboratorium.


Sumber :
Surya Malang. 2016. Ribuan Pengguna Android Terinfeksi Virus Trojan 'Guide For Pokemon Go!', Ini Akibatnya. Diakses tanggal 18 September 2016. Link ; http://suryamalang.tribunnews.com/2016/09/16/6000-pengguna-android-terinfeksi-virus-trojan-guide-for-pokemon-go-ini-akibatnya?page=2
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar