Waspada Bunda, Makanan Bayi Bisa Terkontaminasi Bakteri Berbahaya

Posting Komentar
Sumber : Ok Zone
 
Makanan adalah salah satu kebutuhan manusia dalam kehidupan. Sayangnya, makanan juga bisa menjadi perantara penyakit akibat bakteri.

Ya, sejumlah makanan dapat terkontaminasi beberapa jenis bakteri, sebut saja Salmonella dan E. coli. Bakteri tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami diare, mual dan muntah.

Tidak hanya untuk orang dewasa, makanan bayi juga rentan terkontaminasi bakteri. Berikut makanan yang rentan terkontaminasi bakteri seperti dilansir dari Boldsky:

 
Makanan bayi

Makanan bayi diketahui berisiko mengandung timbal, logam yang dapat menyebabkan ancaman pada perilaku, perkembangan kognitif serta sistem kardiovaskular dan kekebalan tubuh si kecil. Untuk memastikan si kecil tidak terpengaruh, Anda harus menghindari jus buah dan sayuran, serta beberapa sayuran unggulan.

Buah-buahan

Buahan-buahan diketahui mengandung spesies Salmonella dan Listeria. Karenanya, disarankan untuk mencuci buah dengan benar sebelum dikonsumsi.

Makanan kaleng
Makanan kaleng yang tidak disterilkan dengan benar dapat menyebabkan botulisme, yaitu penyakit yang dapat menyebabkan masalah pernapasan dan kesulitan menelan.

Selain kacang
Selai kacang adalah makanan olahan, karenanya bisa menjadi rumah bagi jenis bakteri Salmonella. Lebih baik tidak menyimpan produk makanan ini tanpa pendinginan. Karena itu, sangat ideal untuk selalu menyimpannya dan menghindari konsumsi secara berlebihan.

 
Produk unggas yang terkontaminasi

Anda perlu memastikan bahwa ayam Anda bebas bakteri. Bisa terinfeksi dengan spesies bakteri Salmonella. Anda perlu memastikan makanan dari produk unggas dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi. (OK Zone)

Baca Juga :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar