Matras Canggih Untuk Mendeteksi Pnemonia Pada Bayi


Sumber : Viva
Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2009, tercatat  dari  9 juta kematian balita di Indonesia, 2 juta meninggal setiap tahun akibat pneumonia.  Setiap menitnya, empat  balita atau bayi meninggal.

Dari lima kematian tersebut satu diantaranya disebabkan pneumonia, kemudian disusul oleh diare. Selain pnemonia, penyebab kematian bayi di Indonesia pada bayi usia 0-28 hari adalah premature dan infeksi.  

Pneumonia disebut sebagai pembunuh yang terlupakan. Indonesia termasuk 10 besar, setidaknya ada 2-3 anak meninggal per jam karena Pneumonia.  Penyebab pneumonia  adalah bakteri streptococcus pnemokokus atau bakteri haemophilius dengan gejala sesak nafas dan batuk.

Direktur PT. Niaga Mutuprima Sejati, Bernard Tjioe mengatakan, untuk meningkatkan keselamatan pasien terutama bayi maupun balita, pihaknya memperkenalkan product safe to sleep yakni produk kesehatan yang berteknologi terkini berupa matras untuk bayi.   

"Dengan matras safe to sleep kondisi bayi bisa dipantau. Jika bayi menderita pneumonia dan mengalami sesak nafas maka ada alarm yang berdering sehingga perawat bisa segera memantau kondisi bayi dan menolongnya dari sesak nafas," kata Bernard dalam siaran persnya, Sabtu, (5/8). 

Alarm yang terkoneksi dengan matras secara digital menjadi early warning system, mencegah bayi mengalami henti nafas.

"Matras ini juga cocok digunakan di rumah untuk membantu orangtua memonitor pernafasan bayinya. Kalau bayi sesak nafas maka alarm akan berbunyi sehingga orangtua bisa segera membantu si bayi," ujar Bernard.  

Selama ini orangtua seringkali kurang sadar dalam memantau bayi yang sedang tidur. Kadang mereka main smartphone, kadang baca koran, dengan matras ini maka mereka bisa diingatkan lewat alarm jika bayinya sesak nafas. Matras ini juga dapat dikontrol melalui piranti smartphone menggunakan teknologi bluetooth. (Republika)

Jika Anda Mempunyai Impian Untuk Memiliki Bisnis Yang Besar dengan Income Yang Fantastis, Inilah saatnya merubah diri Anda menjadi miliarder. 
cara daftar paytren
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts