Moms, Ketahui 7 Manfaat Memberikan Vaksin untuk Kesehatan Anak


Sumber : Kumparan / Thinkstock
Imadanalis - Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk dalam urusan kesehatan. Agar terhindar dari penyakit dan selalu sehat, orang tua selalu memperhatikan kesehatan anak dengan rutin memberikan vaksin sejak pada anak sejak bayi dalam waktu yang berjangka.

Vaksin sendiri sejatinya adalah sistem kekebalan tubuh yang dirancang untuk melindungi seseorang dari virus dan bakteri yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Tetapi sayangnya, masih ada beberapa orang tua yang menyepelekan vaksin. Padahal, vaksin memiliki sejumlah manfaat yang bisa dirasakan hingga anak beranjak dewasa. Apa saja? Berikut daftarnya seperti dilansir Vaccine Information.

1. Vaksin melindungi anak dari komplikasi dan penyakit serius yang sulit disembuhkan, termasuk amputasi kaki atau tangan, kehilangan pendengaran, kerusakan otak, paralisis,  kejang-kejang, hingga kematian.

2. Vaksin mampu melindungi anak dari sejumlah penyakit seperti campak, gondok dan batuk rejan. Ketiga penyakit tersebut masih banyak ditemukan menghinggapi anak kecil di Amerika. Hal ini membuat mereka harus dirawat di rumah sakit, bahkan untuk kasus terparah bisa merenggut nyawa seseorang.

3. Dengan melakukan vaksin mampu mengurangi angka penyakit infeksi di Amerika. Sejumlah penyakit tersebut merupakan penyakit yang biasa ada di negara lain dan masuk ke Amerika melalui turis internasional. Jika anak tidak di vaksin, mereka dapat dengan mudah tertular penyakit tersebut saat sedang travelling.

4. Vaksi sebenarnya aman dan efektif karena semuanya telah diuji coba oleh para doktor, ilmuwan, dan pejabat setempat untuk memastikan bahwa vaksin itu aman.

5. Organisasi di Amerika seperti the American Academy of Pediatrics, the American Academy of Family Physicians, dan the Centers for Disease Control and Prevention semuanya mendukung penuh vaksin sebagai salah satu upaya untuk melindungi anak.

6. Jika anak tidak divaksin, mereka bisa menularkan sejumlah penyakit kepada anak lainnya yang lebih muda atau orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, misalnya pasien penderita kanker atau transplantasi organ tubuh.

7. Vaksin melindungi generasi mendatang atau bahkan menghilangkan suatu penyakit pada satu generasi. Misalnya, dengan melakukan vaksin rubella pada anak-anak, risiko bahwa wanita hamil dalam menyebarkan virus ini ke janin atau bayi mereka akan menurun drastis, dan kasus cacat lahir terkait dengan virus rubella tidak akan ada lagi. (Kumparan)


Jika Anda Mempunyai Impian Untuk Memiliki Bisnis Yang Besar dengan Income Yang Fantastis, Inilah saatnya merubah diri Anda menjadi miliarder. 
cara daftar paytren
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts