Ampuh! Ini 3 Cara Termudah Hilangkan Bau Kaki

 
Ilustrasi. (Foto : Surat kabar)
ImadAnalis. Siapa yang ingin kakinya bau? Rasanya tidak seorang pun yang berharap kakinya menimbulkan aroma tak sedap. Tapi kadang, karena beberapa hal, kaki Anda bisa saja mejadi bau. Contoh, bersepatu tanpa mengenakan kaus kaki, itu bisa menjadi salah satu penyebab bau kaki. Perlu diketahui bahwa bau kaki itu disebabkan oleh atau berasal dari bakteri yang tumbuh pada kaki kita yang hidup  dan terus berkembang.

Dilansir dari grid.id, American College of Foot dan Ankle Surgeons menyatakan bahwa aroma tak sedap pada kaki umumnya disebabkan oleh bakteri dan jamur dalam sepatu yang masuk lewat kulit.

Untuk siapaun yang beraktivitas seharian degan kaki terbungkus sepatu, jangan takut kaki bau. Ada beberapa hal atau cara yang bisa dipilih untuk menangani maslaah satu ini. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari kaki bau.

1.  Rendam dengan air garam
Garam dapur itu bukan hanya bisa jadi bumbu masak. Manfaat garam lainnya yang amat baik bagi tubuh adalah kemampuannya untuk membunuh bakteri jahat. Termasuk untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau kaki. Caranya, cukup rendam kaki dalam air garam hangat selama 20 menit hingga 30 menit. Lakukan ini secara rutin setiap hari sebelum tidur. Bau kaki pun dijamin hilang. 

2. Rendam dengan air cuka 
Cuka memang sudah dikenal sebagai salah satu alat tes kehamilan. Tapi tahu kah Anda, cuka juga ternata berkhasiat untuk menghilangkan bau kaki. Caranya, campurkan cuka dengan air bersih, kemudian rendamkan kaki Anda selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas kaki hingga bersih. Lakukan ini setiap hari, secara rutin.

3. Taburkan bedak di kaki
Yang terakhir ini yang paling sederhana, tidak perlu sediakan air untuk merendam kaki. Cukup pakai bedak. Ternyata aroma tak sedap kaki bisa hilang dengan bedak. Cara pemakaiannya, cukup taburkan bedak ke kaki sebelum memakai sepatu. Dengan begitu, keringat yang dikeluarkan oleh pori-pori kaki nantinya akan diserap oleh bedak. Selain itu, Anda bisa juga pakai kaos kaki agar kulit kaki tidak secara langsung bergesekan dengan kulit sepatu yang mengakibatkan kaki jadi lebih lembab, bahkan bisa membuat lecet. Selamat mencoba. (Surat Kabar)

Baca juga :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts