Pemdes Tak Sanggup Perbaiki Jembatan yang Putus

 
Jembatan Karanganyar hampir ambruk. (Foto http://www.radarcirebon.com)
Imad Analis. Pemerintah Desa Kertajaya menyatakan ketidaksanggupannya membangun secara permanen jembatan Karanganyar yang saat ini nyaris putus.



Butuh bantuan dari Pemerintah Kabupaten Indramayu guna merealisasikan pembangunan jembatan baru yang diinginkan masyarakat di Dusun Karanganyar RT 08 RW 01, Desa Kertajaya yang saat ini terancam terisolasi. “Paling sekarang sifatnya perbaikan-perbaikan. Setiap tahun juga begitu,” ucap Kuwu Kertajaya, Warkani kepada Radar.

Dia menyebutkan, dibutuhkan biaya sangat besar untuk membangun jembatan dengan bentang sepanjang sekitar 34 meter itu. Kontruksinya harus dibuat kokoh dan tidak sembarangan. Pasalnya, posisi jembatan tepat berada diatas Kali Beji yang aliran airnya tidak pernah surut sepanjang tahun.

Sementara di sisi lain, Pemdes Kertajaya hanya mengalokasikan anggaran rutin pemeliharaan jembatan sekitar Rp15 juta. “Paling cukup buat ganti alas papan dan tiang penyangganya,” ujarnya.

Kuwu Warkani mengaku, langsung memerintahkan jajarannya untuk memeriksa sekaligus melakukan tindakan perbaikan darurat jembatan Karanganyar. Sembari mencari solusi atau alternatif lain untuk akses bagi orang-orang disana bisa tetap menyeberang jika jembatan di atas Kali Beji itu benar-benar ambruk.


Sampai sekarang belum ketemu solusinya. Mau dibuat tambangan pakai perahu atau rakit, khawatir malah membahayakan. Aliran air Kali Beji deras sekali, apalagi kalau musim penghujan seperti ini,” tutur dia. (Sumber : Radar Cirebon)



Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts