Bukan Sanksi atau Hukuman, Yang Tepat Adalah Pendampingan

Bukan Sanksi atau Hukuman, Yang Tepat Adalah Pendampingan. Untuk melakukan perbaikan, perubahan menjadi lebih baik langkah yang tepat adalah memberikan edukasi dan terus melakukan pendampingan serta evaluasi yang terus menerus. 

jamu,jamu kuat,jamu kuat lelaki,jamu kuat pria,jamu pelancar haid,jamu kuat dan tahan lama,jamu tradisional,jamu kunyit asam,jamu langsing,jamu tetes hage,jamu beras kencur,jamu kuat alami,jamu urat madu,jamu gemuk sehat,jamu penyubur kandungan,jamu tetes soman,jamu wayang,jamu buyung upik,jamu bersalin
Ilustrasi keluarga. (Foto : https://www.pexels.com)

Dalam industri jamu, seperti yang sudah dilakukan oleh BPOM melakukan pendampingan kepada beberapa UMKM di Jawa Timur dan Jawa tengah Program BPOM Untuk Meningkatkan UMKM Produsen Jamu dan Berdaya Saing, pemerintah ikut mengaawasi produksi jamu UMKM. 

Kalau konteksnya "Pendampingan" dalam semua lini untuk dan demi kemajuan, adalah sesuatu yang WAJIB dilakukan. Misalnya, dalam acara yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, pada program TB atau TCM dengan aplikasi SITRUS, Saya di edukasi dan di evaluasi, dan terus di dampingi sampai program nya berjalan sesuai harapan. 

Dalam konteks sebuah keluarga, Pendampingan pada anak malah sangat-sangat penting sekali. Anak, tidak suka dibentak, dimarahi melainkan di arahkan untuk membenahi kesalahan-kesalahannya, dan itu memang sangat diterima oleh anak dan tidak menimbulkan dendam dikemudian hari. Anak melakukan kegiatannya dengan senang hati dan tanpa beban. 

Semoga tulisan ini menjadi bahan pertimbangan berbagai instansi, bahwa pada intinya saya dan mereka yang dalam sebuah program, anggaplah seorang anak yang memerlukan bimbingan, dan cara yang paling tepat adalah dengan Pendampingan. Semoga bermanfaat. 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts