Subak Jatiluwih Jadi Google Doodle Hari Ini

Posting Komentar
Subak Jatiluwih Jadi Google Doodle Hari Ini. Pada hari ini, Google menampilkan Google Doodle bertemakan Subak Jatiluwih yang berda di Bali. Subak merupakan sebuah sistem irigasi yang berada di lima kabupaten  yaitu  Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, dan Tabanan. 
google doodle subak bali

Menurut pemerintah Buleleng, Subak tidak hanya sebagai sistem irigasi melainkan menjadi salah satu konsep kehidupan bagi masyarakat Bali. Dari Subak ini masyarakt akan belajar tentang kesetaraan dan berkeadilan karena Subak merupakan sistem perairan yang adil dan merata. 

Orang Bali menyebutnya sebagai Tri Hita Karana yang memiliki arti tiga penyebab terciptanya kebahagiaan/kesejahteraan'. Dari falsafah ini, orang bali mengambil makna dari Subak. 

Subak yang memiliki konsep kesetaraan dan keadilan ini membuat Subak menjadi salah satu warisan tak benda dari daerah Bali. Subak didaftarkan ke UNESCO pada tahun 2003. Daerah Subak ini disetujui sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 29 Juni 2012. 

Terimakasih untuk Google yang mengenalkan budaya Indonesia ke dunia melalui Google Doodle hari ini pada 29 Juni 2020. 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar