Lidah Mertua akan Menderita Jika Selalu Disimpan Di Dalam Rumah

Posting Komentar

 Lidah Mertua akan Menderita Jika Selalu Disimpan Di Dalam Rumah. Hari ini saya membongkar lidah mertua saya yang sudah hampir 2 bulan di dalam rumah. Hal ini menjadi pelajaran untuk saya dan kita semua pecinta tanaman lidah mertua ini, supaya tidak terjadi seperti yang saya alami sekarang. 




Lidah mertua yang disimpan di dalam rumah harus secara rutin di rotasi. Jadi, setidaknya jika Anda memiliki lidah mertua di dalam rumah maka Anda harus memiliki lidah mertua juga di luar rumah. Kenapa demikian? Hal ini apa yang saya lakukan, mungkin Anda akan berbeda pendapat dengan saya tentunya, hal tersebut adalah suatu kewajaran, mana yang akan Anda pilih silahkan saja. 

Mem back up Lidah Mertua 

Jadi begini, saat lidah mertua Anda simpan di dalam rumah. Kemungkinan Anda mengeluarkan nya berapa hari sekali? atau apakah Anda punya waktu untuk mengangkat setiap pagi keluar dan menjelang malam di masukkan lagi? tentu hal ini akan merepotkan bukan? Maka daripada itu, saya menyarankan Anda untuk memback up lidah mertua di luar rumah. 

Jika, Anda memiliki lidah mertua. Katakanlah, Anda hari ini membeli lidah mertua dua tangkai. Ingat, satu simpan di dalam rumah, dan dua biarkan dia berada di luar rumah, biarkan lidah mertua ini yang diluar terpapar sinar matahari. Loh kok demikian, sudah ikut saja, Anda akan mengetahuinya setelah 1 bulan kemudian, apa yang akan terjadi pada lidah mertua Anda yang ada di dalam rumah. 

Fungsi mem back up ini artinya bahwa lidah mertua yang selalu berada di dalam rumah maka warna daunnya akan tidak sebagus yang berada di luar rumah. Lidah mertua yang ada didalam rumah artinya mereka tidak dapat melakukan fotosintesis dengan baik. Sehingga, lidah mertua didalam rumah memiliki warna yang sedikit pucat kehijauan. Warnanya menjadi tidak tegas seperti lidah mertua yang berada di luar rumah. 

Penyakit yang Timbul pada Lidah Mertua jika Disimpan Di Dalam Rumah

Lidah mertua didalam rumah akan banyak menimbulkan penyakit untuk lidah mertua itu sendiri. Ada baiknya lidah mertua dalam rentang 1 minggu di bawa ke luar ruangan, ternyata hal ini tidak menimbulkan perbedaan yang signifikan. Jadi, menurut saya langkah yang tepat adalah menggantinya dengan lidah mertua yang ada diluar. 

Berikut ini beberapa penyakit yang timbul jika lidah mertua terlalu lama di dalam rumah/didalam ruangan :

1. Daun Lidah Mertua menjadi Layu


Tidak seperti lidah mertua yang ada diluar ruangan, lidah mertua yang berada di dalam ruangan ternyata daunnya cepat layu. Penyebab layu bisa saja terjadi karena miminnya cahaya matahari, kemudian tanah yang lembab dan tidak cepat mengering, sehinnga menjadi pangkal daun menjadi busuk. 

2. Hama Pengganggu


Lidah mertua yang berada di dalam ruangan rentan sekali terserang hama pengganggu, dalam foto yang saya (imadanalis) lakukan terlihat jelas hama berbentuk putih menempel di sekitar lidah mertua. Sanitasi yang buruk bisa saja menjadi pemicu hama tumbuh subur pada media tanamnya, sehingga hama-hama dapat berkembang biak dengan baik. 

Perlu Anda ketahui, saya tidak memberikan antihama pada media tanam sehingga hal inipula yang menyebabkan hama pada tanaman yang saya bawa masuk kedalam ruangan menjadi mudah terserang hama. 

3. Tumbuh tidak maksimal


Untuk pertumbuhan saya rasa tidak ada perubahan, namun untuk tunas baru tumbuhnya jadi aneh, karena dari tunas kecil sampai besar tunas ini tidak terkena sinar matahari maka dengan itu warna nya menjadi tidak sewajarnya lidah mertua bergaris kuning di pinggirnya. 

Tunas ini seminggu sekali saya bawa keluar ruangan tapi tetap saja, idealnya lidah mertua harus segera di pisahkan dan dipindahkan ke pot baru untuk mendapatkan lidah mertua yang ideal. 

Cara Mengganti Pot Lidah Mertua 



Untuk mengganti pot lidah mertua yang ada di dalam ruangan cukup gampang, berikut ini caranya :
  1. Siapkan lidah mertua yang di luar ruangan, pisahkan dari indukannya. 
  2. Bawa lidah mertua yang ada di dalam ruangan, bawa keluar, kemudian pisahkan dari tanah. 
  3. Tanah yang dipot dari dalam ruangan di ganti dengan tanah baru. 
  4. Tanamkan lidah mertua baru untuk pot didalam ruangan
  5. Pindahkan lida mertua masukan lagi kedalam ruangan. 

Oke demikian cerita saya wkwkw, semoga artikel ini menjadi tambahan referensi bagi Anda yang menyukai tanaman lidah mertua. Terkhusus untuk Anda yang tinggal di perumahan kecil seperti saya, semoga bermanfaat. 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar