Alhamdulillah, Perjalanan Hidup Yang Allah Mudahkan

Posting Komentar

Awalnya saya akan membuat cerita tentang bagaimana "ruh terlepas dari tubuh". Tapi kayaknya rumit, karena secara logika dan juga fakta bahwa ketika ruh lepas dari tubuh, maka otomatis kondisi tersebut disebut dengan 'kematian'. 


Dok. Imad Analis Kegiatan HKN 2021 Desa Pekandangan Jaya, Kab. Indramayu

Jadi, dikarenakan tulisan ini tidak akan saya lanjutkan, alhasil saya akan menceritakan pengalaman saya beberapa hari ini saja. Pertama, alhamdulillah patut kiranya saya bisa menyelenggarakan sebuah 'pengabdian kepada masyarakat' yaitu dalam rangka pemeriksaan golongan darah dan gula darah secara gratis di desa Pekandangan Jaya, Kabupaten Indramayu. 

Kegiatan ini berlangsung untuk mengisi kegiatan di Hari Kesehatan Nasional. Pada awalnya, memang saya ingin menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan pemerintah desa, atau apapun. Dalam hal ini, saya sangat terbuka sekali untuk bekerjasama dalam kegiatan perayaan hari kesehatan dan sejenisnya. 

Sudah menjadi jalan yang sudah Allah tetapkan, bahwa ketika hal tersebut terlintah untuk kemaslahatan orang banyak, atas izin Allah itu sangat dimudahkan dalam pelaksanaanya. Sudah saya pastikan, hanya Allah-lah yang menuntun kuwu untuk bersilaturahim dengan saya di tempat kerja. Saat itu pula, 2 minggu sebelum hari pelaksanaan, Kuwu dan saya ngobrol terkait pelaksanaan HKN 2021. 


Dok. Imad Analis Kegiatan HKN 2021 Desa Pekandangan Jaya, Kab. Indramayu

Bak gayung bersambut, akhihrnya Kuwu menyatakan kesiapannya dan memberikan tambahan kegiatan macam-macam. Saya sendiri sangat senang mendengar hal tersebut, karena kegaitan HKN ini akan berjalan sesuai dengan agenda organisasi. 

Yang mana, kegaitan sosial organisasi selama satu tahun dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu bulan April dan November. Diluar itu, mungkin akan sulit untuk mendapatkan donatur dari rekan-rekan ATLM. 

Kedua, Saya yang saat ini menginjak usia ke 34 tahun ke 35, banyak perjalanan yang belum bisa saya atur dengn baik. Apa yang belum bisa atur dengan baik, yaitu ketika saya bercerita secara langsung, saya selalu terbawa dan terlena untuk melantur ngalor ngidul yang sebetulnya saya tau bahwa lawan bicara saya tidak memerlukannya. Pada saat inilah saya mulai belajar lagi, untuk tidak terlalu merespon lawan bicara saya yang akan membuat saya melantur kesana kemari, haha. 

Ketiga, saya saat ini sedang menempuh pendidikan D4 TLM. Alhamdulillah, saya thau bahwa ini adalah ketetapan Allah. Allah tahu saya seperti apa? Apa yang patut saya syukuri? diantara yang wajib disyukuri adalah ,:

Waktu yang tepat. Kuatkan tekad dan bilang kepada diri sendiri bahwa 'saya harus ini, saya harus itu'. Mungkin saya ingin kuliah sudah sejak lama, saya kalau tidak salah, bahwa tahun 2021 saya harus kuliah. Puji syukur kepada Allah, nyata dan senyata-nyatanya, saya kuliah di tahun 2021. Ketika saya menginginkan untuk kuliah, saya tidak tahu bagaimana cara harus kuliah. 


Dok. Imad Analis Kegiatan HKN 2021 Desa Pekandangan Jaya, Kab. Indramayu


Sebagai karyawan, pegawai, ngga mungkin kan, izin kuliah di hari kerja, yang kuliahnya di akhir minggu, jumat dan sabtu. Alhamdulillah, ternyata di tahun 2021 ini, Saya menjadi kepala ruangan di RS, sedangkan di klinik saya mendapatkan kelonggaran bahkan di klinik setiap jumat dan sabtu saya diliburkan kerja. Pada saat menulis ini, saya masuk mode UAS. Alhamudulillah, syukur kehadirat Allah, ada saja jalannya. Ada yang mau menggantikan saya di klinik. 

Biaya yang kuliah. pada tahun 2017-an kira-kira, saya bertanya kepada yang sudah lulus D4 tentang biaya. Ternyata untuk menempuh pendidikan D4 TLM kelas karyawan, setidaknya untuk biaya kuliahnya harus pegang uang sekitar Rp. 20juta, belum transportasi, kosan, makan, biaya wisuda, praktikum, dll. Saya hitang-hitung, kira-kira saya harus pegang uang sekitar Rp. 35-50 juta. Kira-kira kurang lebih segitulah yang harus saya siapkan untuk kondisi yang aman. Pada tahun itu, saya berfikir dari mana saya haru mendapatkan minimal Rp. 20 jutanya saja saya bingung untuk biaya kuliahnya. Kalau biaya makan, kosan itu bisa di akalin dengan cara mengirit dan menghemat sedemkian rupa, apalagi saya laki-laki, sangat amat fleksibel saya harus dimana tidur, haha. 

Ternyata, .Allah terus memberikan KEMUDAHAN kepada saya untuk menjalankan ini semua. Inilah mungkin dulu saya selalu berdoa, ya Allah MUDAHKAN SEMUA URUSANKU. kalau bisa teman-teman lengkapi ini do'a dengan tmabahan kata, YA ALLAH MUDAHKAN URUSANKU MENCARI NAFKAH. Atau bisa juga, YA ALLAH MUDAHKAN SAYA MEMILIKI MOBIL, dsbt. Energi ini akan di aminkan oleh semesta ketika kita berdoa secara serius di sepertiga malam.

Pada tahun 2021, Allah lancarkan saya untuk melewati kenali di keuangan. Saya pada saat menulis ini, Alhamdulillah sudah melunasi biaya kuliah sebesar Rp. 19.003.000. Alhamdulillah, tinggal biaya praktikum, kosan, ongkos, dll nya. Semoga ada rezeki yang Allah berikan saat itu tiba, amiin. 


Dok. Imad Analis Kegiatan HKN 2021 Desa Pekandangan Jaya, Kab. Indramayu

Semoga, teman-teman juga Allah mudahkan urusannya. Amiin. Saya selalu berdoa itu, karena saya merasa banyak dosa, saya tidak tahu do'a mana yang Allah kabulkan. Yang jelas, selain berdoa kita sebagai manusia hanya bisa ikhtiar. Apapun lakukan, apapun kerjakan. Apa yang dikerjakan ikhlaskan, jangan minta imbalan materi. Ketika kita masih diberi badan sehat untuk bergerak ke sepenjuri bumi inipun, inilah rezeki yang Allah berikan kepada kita. 

Artikel ini, saya tutup dengan kalimat, jangan lupa untuk 'Istighfar', karena kita sebagaimanusia adalah makhluk yang penus dosa. Istighfar itu mengaku kepada tuhan kita, bahwa kita ini makhluk yang penuh lalai dan lupa, penuh dosa, penuh kesalahan. patut sekiranya kita sadar dan mengaku bahwa kita hanya manusia penuh dosa. 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar