Aplikasi Pohon Keluarga

Posting Komentar

 Aplikasi Pohon Keluarga. Tulisan ini bukan menyarankan, melainkan alangkah baiknya ketika kita memulai membuat pohon keluarga dengan apa yang saya sebutkan di artikel sebelumnya sperti ini "Perlunya Pohon Keluarga Untuk Penelurusan dan Pencegahan Penyakit yang Diturunkan", dikarenakan hal seperti ini merupakan data yang benar-benar harus di jaga. 



Data dokumen keluarga besar seperti ini, jika sangat detail bakal dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga perlu adanya keamanan cyber wwkwkw. Demikianlah ketika dunia dugital semakin mudah, maka tantangannya juga sangat besar untuk menjaga data sebesar itu. 

Pohon keluarga yang aman ya, membuat catatan dalam sebuah buku. Tapi, dengan kemajuan zaman sekarang ini, apakah masih sejalan dengan apa yang kita butuhkan? Nah, yang saya ingin tanyakan kepada rekan semua, apakah ada aplikasi khusus yang sekiranya benar-benar aman saat kita mengupload semua data keluarga besar kita?

Ada? Apa? 

Jikapun ada, saya tetap waswas, karena semua data ada di dalam itu semua. Nama ibu kandung? adalah hal yang paling pertama ditanyakan oleh bank. wkwkw, faham kan maksud saya? Oke, sehingga saya benar-benar memikirkan apakah saya harus membuat aplikasi sendiri untuk mendata semua keluarga besar. Hmmm. 

Semoga keluarga besar saya sepakat membuat suatu aplikasi sendiri. Jika demikian bisa terjadi, ada beberapa fitur yang ingin saya masukkan, seperti :

  • Chatting 
  • Status Pohon Keluarga
  • Admin (verifikasi dan validasi data yang di upload)
  • Status meliputi : Tempat tinggal, tempat meninggal, lokasi makam, kesehatan, data gen wkwkwk

Dan masih banyak lagi fitur yang akan di tambahkan. Datanya simpan di mana? Ya kita harus punya server sendiri. Biayanya patungan dari dana keluarga, wkwk. Dana keluarga itu bisa untuk maintenance juga. 

Nah, semoga ide saya ini bisa di duplikasi oleh anak-anak yang ingin keluarga besarnya di data dengan benar. 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar