Tentang Kebutuhan yang Allah Cukupkan

Posting Komentar
Tentang Kebutuhan yang Allah Cukupkan. Bertepatan dengan berjalannya waktu, alhamdulillah kali ini saya telah menyelesaikan pembayaran study D4 saya. Awalnya bingung, biaya kuliah yang tinggi dari mana. Bahkan sempat terfikirkan untuk meminjam di bank. Namun, qadarullah, Allah telah mencukupkan rezeki saya.

Tentang Kebutuhan yang Allah Cukupkan


Bagaimana Allah Mencukupkan Rezeki Saya?

Keinginan saya kuliah, sudah terdorong sejak tahun 2014. Namun saat itu istri saya belum setuju, mungkin karena ekonomi kami juga belum stabil ditambah anak-anak masih kecil-kecil. Alhamdulillah, saya selalu mencoba untuk 'keukeuh' dengan keinginan saya waktu itu. Banyak waktu yang tidak tepat. Saat itu pun saya kerja masih pontang-panting. Subhanallah, kalau di ingat-ingat memang ini cara Allah yang paling dan terbaik. 

Saya mendaftar kuliah D4 TLM dengan status akreditasi A, konon prodi D4 TLM di kampus ini adalah satu-satunya kampus swasta yang mendapat akreditasi A se- Indonesia. Bagaimana biayanya? kira-kira mencapai 30juta, sampai selesai. Kira-kira begitu. 

Dengan Allah mudahkan urusan saya ini, Saya teringat bahwa Allah akan "Mencukupkan" rezeki kita, seperti yang tertulis dalam Surat At Talaq ayat 3, Allah berfirman :

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrādan.

Artinya: Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Apa Amalan yang Saya Lakukan?

Pada aline artikel ini, bukan untuk riya, melainkan mungkin salah satu cara yang bisa Anda duplikasi. Yang sering saya lakukan adalah sedekah Rp. 2.000 setiap hari tanpa putus sekalipun. Jika lupa hari ini, besoknya dua kalilipat atau melebihkan. Kadang baca shalawat, istighfar. 

Banyak catatan amal saya sebetulnya, saya belum menjadi manusia yang baik dan sempurna. Qadarullah, walaupun amal saya masih bisa kehitung jari. Allah mudahkan untuk menyelesaikan biaya kuliah saya TANPA RIBA, Tanpa harus hutang ke Bank. 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar