Berkurban Tanpa Sampah Plastik: Langkah Inovatif Bupati Indramayu untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Posting Komentar

 

Berkurban Tanpa Sampah Plastik: Langkah Inovatif Bupati Indramayu untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

IMADANALIS - Dalam rangka mengurangi penggunaan sampah plastik, Bupati Indramayu, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu, mengampanyekan berkurban ramah lingkungan pada momen Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Plt. Kepala DLH Kabupaten Indramayu, Indra Mulyana, mengajak masyarakat Kota Mangga untuk menggunakan besek atau anyaman bambu saat menyalurkan daging kurban.

Surat Edaran Bupati Indramayu No. 660.1/1524/DLH tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik di Kabupaten Indramayu menjadi dasar bagi ajakan ini.

Seperti dikutp dari Diskominfo Indramayu, Indra mengatakan, "Saya berharap masyarakat bersama-sama untuk menggunakan besek ketika menyalurkan daging kurban, sehingga dipersiapkan hingga saat ini."

Tidak hanya menggunakan besek, masyarakat juga dapat menggunakan daun pisang, anyaman dari daun pandan, daun jati, daun kelapa, atau wadah makanan ketika mengemas daging kurban.

 Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi penggunaan dan volume sampah plastik di Kabupaten Indramayu, tetapi juga untuk meminimalisir dampak pencemaran lingkungan.

"Sampah plastik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan sulit terurai. Mari kita bersama-sama mengurangi penggunaan sampah plastik," ujar Indra. 

Dengan ajakan ini, Plt. Kepala DLH Kabupaten Indramayu berharap dapat memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam mengurangi dan menangani sampah.

Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta memperkuat partisipasi publik dalam upaya pengurangan sampah plastik, khususnya pada momen Hari Raya Idul Adha.

Dalam melaksanakan kampanye ini, dukungan dan partisipasi aktif masyarakat sangatlah penting. 

Dengan memilih alternatif kemasan yang ramah lingkungan, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. 

Mari kita wujudkan Idul Adha yang tidak hanya menjadi momen berbagi, tetapi juga momen menjaga kelestarian lingkungan. 

Bersama, kita bisa mengurangi sampah plastik dan melindungi bumi kita untuk generasi yang akan datang.***

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar