Diabetes Santai Komplikasi Mengintai

Posting Komentar
Tulisan ini diangkat dari majalah Dokter Kita karena judulnya menarik maka saya tuliskan catatan ini untuk Anda pembaca setia Imad-Blog’s.com. seperti telah kita ketahui bahwa diabetes merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat kita. Perlu adanya kekhawatiran kita karena perubahan gaya hidup manusia sekarang sudah mulai berubah karena berbagai faktor.

Organisasi kesehatan Dunia atau lebih dikenal dengan WHO memprediksikan jumlah pasien Diabetes Mellitus di Indonesia pada tahun 2010 menjadi 21,3 juta orang dari sebelumnya 8,4 juta orang pada tahun 2000. Separuh dari jumlah tersebut tidak menyadari penyakitnya dan baru terdiagnosis ketika sudah terjadi komplikasi.

Seringnya diabetes dianggap biasa saja hingga komplikasi terjadi. Komplikasi ini tidak  hanya menurunkan kualitas hidup bagi penderita diabetes, tetapi juga membawa ancaman kematian. Belum lagi besarnya dampak ekonomi yang diakibatkan biaya perawatan komplikasi akibat diabetes yang cenderrung tinggi.
Komplikasi diabetes terjadi pada semua organ dalam tubuh yang dialiri pembuluh darah kecil dan besar, dengan penyebab kematian 50 % akibat jantung koroner dan 30% akibat gagal ginjal. Selain kematian, Diabetes Mellitus juga menyebabkan kecacatan.

Mau diterima atau tidak, diabetesi menghadapi resiko stroke lima kali lebih banyak dan risiko penyakit jantung empat kali lebih banyak dibanding mereka yang bukan penderita diabetes. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes mellitus dapat memicu peningkatan timbunan zat – zat lemak pada dinding pembuluh darah.

Timbunan zat-zat lemak tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan sumbata pada aliran darah sehingga pembuluh darah menjadi lebih kaku, hal ini akan mempercepat timbulnya penyakit jantung danpembuluh darah.

Sebanyak 30 % penderita diabetes juga mengalami kebutaan akibat komplikasi retinopati dan 10 % harus mejalani amputasi tungkai kaki. Oleh karena ini sangat penting bagi pasien untuk menjaga kontrol gula darahnya.

Sumber : Dokter Kita Edisi 8-THN VI – Agustus 2011 hal 12

Jika ANDA berminat memiliki ALAT GULA DARAH dengan harga MURAH KUALITAS BAIK, silahkan Klik disini  atau SMS ke  085720186336 (24 jam) Untuk melihat HARGA dan JENIS BARANG
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar