Mata bisa BUTA karena DIABETES

Posting Komentar
Kencing manis memang berdampak pada banyak komplikasi. Seperti yang dikutip dari Majalah DOKTER KITA, dikatakan dr. Pradana, kencing manis merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan kelainan yang cukup serius pada mata. Kelainan mata yang dapat terjadi akibat kencing manis antara lain katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik. Di negara maju, kelainan retinopati diabetik merupakan salah satu penyabab kebutaan utama dan banyak menyerang penderita pada usia produktif.

Angka kejadian Retinopati Diabetik dikatakan Dr. Pradana Soewondo, Sp.PD-KEMD bergantung pada lamanya penderita diabetes. Faktanya 50% pasien yang menderita diabetes selama 10 tahun hampir bisa dipastikan akan menderita Retinopati Diabetik. Diseluruh dunia penyakit ini merupakan penyakit kebutaan kelima tertinggi setelah Katarak, Glaukoma, Age-relatid Macular Degeneration (AMD), dan kekeruhan kornea.


Apakah Retinopatik Diabetik?

Retinopatik Diabetik adalah komplikasi dari penyakit kencing manis pada mata akibat rusaknya pembuluh darah yang memberi makan retina. Retina adalah bagian mata tempat difokuskannya cahaya yang telah melewati lensa mata. Cahaya yang telah terfokus akan membentuk bayangan dan gambar inilah yang dibawa ke otak melalui saraf optik. Bila pembuluh darah mata bocor atau terbentuk jaringan parut di retina mata maka bayangan yang dikirim menjadi kabur.
Umumnya penderita kencing manis > 15 tahun telah mengalami kerusakan pada pembuluh darah matanya, tetapi hanya sebagian kecil yang mengalami retinopati diabetika yang serius dan lebih sedikit lagi yang menjadi buta. Namun demikian, retinopati diabetika tetap merupakan salah satu penyebab kebutaan yang harus diwaspadai.

Agar retinopati tidak cepat menjadi berat perlu dilakukan kontrol ketat gula darah. Selain itu tekanan darah dan fungsi ginjal yang baik juga dapat memperbaiki retinopati diabetik. Penderita kencing manis juga dianjurkan untuk tidak merokok.

Pada tahap awal, retinopati diabetik tidak memiliki gejala atau hanya menyebabkan gangguan mata ringan. Namun lama-kelamaan, bisa berujung pada kebutaan. Retinopati diabetik biasanya mempengaruhi kedua mata.

Sumber : Dokter Kita Edisi 8-THN VI – Agustus 2011 hal 17

Jika ANDA berminat memiliki ALAT GULA DARAH dengan harga MURAH KUALITAS BAIK, silahkan Klik disini  atau SMS ke  087828993653 (24 jam) Untuk melihat HARGA dan JENIS BARANG

Bagaimana supaya MATA kita tidak BUTA karena DIABETES, silahkan download mini e book-nya disini.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar