NS1 dan DENGUE

Posting Komentar
SD NS1 | http://www.alere.com/

Musim yang tidak menentu ini, kadang Hujan, kadang juga panas lebih dari 25 derajat celcius. Membuat genangan - genangan air, dan banyak sekali tumbuh nyamuk - nyamuk untuk menularkan virus dengue kepada manusia. Dengue dapat terjadi pada siapapun, disebabkan oleh virus dengue melalui vektor nyamuk Aedes Egypti. Gejala Demam  Dengue ditandai dengan Demam tinggi, namun tidak spesifik. Sering para orang tua merasa bahwa demam pada anak itu biasa. Namun, jika demamnya tidak wajar, segera untuk mengkonsultasikan kepada dokter Anda.

Perlu adanya pemeriksaan laboratorium jika terjadi Demam Dengue, biasanya meliputi : Pemeriksaan Darah Rutin (Hemoglobin, Leukosit, Hematokrit dan Trombosit), jika Panasnya baru 0 hari bisa dilakukan pemeriksaan NS1, dan jika panasnya sudah lebih dari 4-5 hari bisa dilakukan pemeriksaan IgG/IgM Dengue. Adakalanya beberapa dokter, melakukan pemeriksaan NS1 dan IgG/IgM dengue secara bersamaan.

Presentasi tentang Dengue : Management of Dengue infection in Adult
Apa Tujuan Pemeriksaan NS1?

Pemeriksaan NS1 merupakan pemeriksaan terhadap antigen non struktural-1 dengue (NS1) dapat mendeteksi infeksi virus dengue dengan lebih awal dari pemeriksaan antibodi dengue, dan bahkan dapat terdeteksi pada hari pertama mulai demam. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan pada penderita demam yang disertai dengan gejala klinis infeksi virus dengue pada hari 1-3 mulai demam. Bila hasilnya negatif tetapi gejala infeksi virus dengue menetap, dianjurkan untuk periksa Anti-Dengue IgG & IgM, serta hematologi rutin.(http://prodia.co.id/)

Dimana bisa melakukan pemeriksaan NS1?

Pemeriksaan ini bisa dilakukan di laboratorium Swasta atau Rumah Sakit yang sudah memiliki fasilitas pemeriksaan NS1. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar