Sejarah Singkat Cuci Mulut

Posting Komentar
Cuci Mulut | http://www.speareducation.com/

Pada malam ini saya mendapat kan kabar berita yang sangat menarik, dan beruntunglah bahwa saya belum pernah mencoba untuk "kumur - kumur" dengan zat - zat seperti ini. Dari dahulu, saya sudah waspada akan obat - obat kimia, termasuk juga sebetulnya dengan Pastagigi (odol). Saya selalu memegang prinsip bahwa obat kimia yang jika kita pakai secara terus menerus dan rutin, PASTI akan ada efek sampingnya, Coba Anda baca lagi artikel sebelumnya disini yang berjudul : Obat Kumur Fix Bikin Kanker MULUT.

Tulisan itu Jelas mengatakan bahwa salah satu faktor penyebab kanker mulut selain rokok dan alkohol adalah obat kumur tersebut. Dari sinilah mengulik rasa penasaran saya, untuk mau tahu dari mana sebetulnya asal - usul untuk kumur2 dengan obat kimia ini, yang saya tahu, Rasulullah mencontohkan untuk bersiwak, bukan berkumur :D

Sekitar Tahun Ke 1 M. Bangsa Romawi Membeli dan menggunakan Botol urin Portugis untuk membersihkan bakteri dalam mulut. Praktek ini sangat populer kala itu sehingga Raja Nero harus memberlakukan Pajak. Prinsip dari praktek ini adalah adanya Amonia pada urine yang digunakan sebagai disinfektan sehingga dapat memutihkan gigi. Bahkan urine merupakan sebagai salah satu bahan pemutih gigi sampai dengan Tahun ke 18.

23 M. Kedengarannya memang seperti tidak higinenis, namun pada Abad ini orang - orang menggunakan Darah Kura - Kura Desir disekitar mulut, setidaknya darah Kura - Kura ini digunakan tiga kali dalam setahun. Namun, ada juga cara lain yang digunakan pada waktu itu adalah dengan meminum susu kambing yaitu untuk menjaga nafas yang kurang enak, atau berkumur dengan anggur putih.

40 - 90 M. Ahli bedah dan dokter dari Yunani, Pedanius Dioscorides, menyarankan campuran jus dan daun zaitun, susu, permen karet mur, delima, cuka dan anggur bisa membantu melawan bau mulut. 

Sekitar Tahun 1.101 - 1.200 M. T filsuf Jerman dan mistik, Saint Hildegard von Bingen, menunjukkan bahwa desah murni, air dingin di dalam mulut dapat membantu menghilangkan plak dan tartar. 

Sekitar Tahun 1.501 - 1.600 M.  praktik kebersihan mulut Medieval berpusat pada pemakaian mint dan cuka, yang merupakan solusi dan di yakini untuk membersihkan bau mulut dan kuman.

Sekitar tahun 1.801 - 1.900 M. Obat kumur seperti yang kita tahu mereka hari ini, dikembangkan pada akhir 1800-an. Alih-alih bilasan yang mengandung urine, alkohol ditambahkan untuk membantu memerangi kuman dan bakteri sementara menstabilkan formula. Salah satu obat kumur yang paling populer di pasaran saat ini untuk kualitas membunuh kuman nya, Listerine diciptakan awalnya sebagai antiseptik untuk prosedur bedah dan membersihkan lantai. 

hari Ini. Sodium hexametephosphate dan hidrogen peroksida yang ditemukan dalam jumlah yang lebih banyak dalam obat kumur untuk membantu mengangkat dan mencegah masa depan noda pada permukaan gigi dan lebih banyak perusahaan yang keluar dengan solusi yang tidak akan marah mulut sensitif. 

Semoga dengan sejarah Singkat mencuci mulut ini, bisa memberikan wawasan baru untuk pengjung setia Imad.blog's.com. Segala masukan, saran dan kritik bisa melalui E mail : imadanalis@gmail.com

Sumber : 
http://www.speareducation.com/spear-review/2012/12/a-brief-history-of-mouthwash/#.U0GFw2KSxZ5
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar