Peneliti Masih Dalami Obat Kumur yang Bisa Atasi Penyakit Seksual

Posting Komentar
Banyak yang menganggap obat kumur hanya sebatas untuk menjaga kesehatan dan kesegaran mulut. Jauh dari pada itu, obat kumur ternyata dapat mencegah perkembangan sejumlah penyakit mematikan termasuk kanker.

Ilustrasi Obat Kumur. (Sumber : http://gayahidup.republika.co.id/)


Salah satu merek obat kumur mengklaim bahwa produknya dapat menghambat perkembangan bakteri Gonore. Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang umum dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Bakteri ini dapat menular ke alat kelamin melalui mulut.

Menurut ilmuwan dari Australia, laki-laki dengan gonore memiliki risiko untuk terkena kanker prostat. Sementara, wanita dengan gonore berisiko mengembangkan penyakit radang panggul. "Jika obat itu memiliki efek penghambatan terhadap bakteri gonore di tenggorokan, ini akan memudahkan pengembangan pengobatan penyakit akibat bakteri ini,” kata para peneliti dari Univeritas Monash Australia dilansir Science Alert.

Menurut para peneliti, penemuan ini juga telah diteliti di lembaga penelitian Listerin Total CAre dan Cool Mint. Mereka menemukan obat kumur secara signifikan dapat mengambat pertumbuhan bakteri gonore pada mulut manusia. Kendati demikian, peneliti masih melakukan penelitian lebih jauh untuk menyempurnakan larutan obat kumur agar lebih efektif membunuh bakteri gonore.

Sumber :
Republika. 2016. Peneliti Masih Dalami Obat Kumur yang Bisa Atasi Penyakit Seksual. Diakses tanggal 3 Januari 2017. Link ; http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/17/01/02/oj50dj359-hindari-penyakit-menular-seksual-dengan-obat-kumur
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar