Cord Blood Banking

Ilustrasi. (Foto : http://americanpregnancy.org)

Imad Analis. Darah tali pusat adalah darah yang tersisa di tali pusat dan plasenta setelah lahir. Darah ini biasanya dibuang. Namun, Cord Blood Banking (Bank Darah Tali Pusat) menggunakan fasilitas untuk menyimpan dan mempertahankan darah tali pusat bayi. Jika Anda mempertimbangkan untuk menyimpan darah tali pusat bayi Anda, pastikan untuk menggunakan bank darah tali pusat yang diakreditasi oleh American Association of Blood Banks (AABB), seperti Cordlife (di Indonesia).



Mengapa saya harus menyimpan darah bayi saya di bank darah tali pusat?

Darah tali pusat bayi Anda adalah sumber sel punca/induk yang secara genetik sangat banyak berhubungan dengan bayi dan keluarga Anda. Sel punca adalah sel yang dominan dalam cara mereka berkontribusi terhadap perkembangan semua jaringan, organ, dan sistem di dalam tubuh.

Sel punca mampu bertransformasi menjadi jenis sel lain di dalam tubuh untuk menciptakan pertumbuhan dan perkembangan baru. Mereka juga merupakan blok bangunan dari sistem kekebalan tubuh. Transformasi sel-sel ini memberikan dokter cara untuk mengobati leukemia dan beberapa gangguan kesehatan yang diturunkan.

Sel induk dari darah tali pusat bayi Anda mungkin juga efektif dalam mengobati penyakit atau kondisi tertentu dari orang tua atau saudara kandung. Sel punca darah tali pusat memiliki kemampuan yang sama untuk mengobati penyakit seperti pada sumsum tulang tetapi dengan penolakan yang jauh lebih sedikit.

Perbankan darah bayi dan sel induk di bank darah tali pusat adalah jenis asuransi. Idealnya, Anda tidak perlu mengakses sel induk bayi Anda untuk mengatasi masalah medis. Namun, menggunakan bank darah tali pusat dapat memberikan ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa Anda memiliki sumber daya yang berharga jika Anda membutuhkannya.

Bagaimana darah tali pusat dikumpulkan?

Proses pengumpulan darah tali pusat sederhana, aman, dan tidak menyakitkan. Proses ini biasanya memakan waktu tidak lebih dari lima menit. Pengumpulan darah tali pusat tidak mengganggu persalinan baik itu persalinan normal atau sesar.

Petugas dari bagian Bank Darah Tali Pusat akan menggunakan metode syringe (jarum suntik) atau metode bag untuk mengumpulkan darah:


  • Metode syringe: syringe digunakan untuk mengambil darah dari tali pusat segera setelah tali pusar dipotong. Prosesnya mirip dengan mengambil darah (flebotomi) untuk tes darah reguler.
  • Metode bag: tali pusat diangkat untuk mengalirkan darah ke dalam kantong.

Jarum suntik atau tas harus diberi label awal dengan nomor unik yang mengidentifikasi bayi Anda. Darah tali pusat hanya dapat dikumpulkan selama 15 menit pertama setelah kelahiran dan harus diproses oleh laboratorium dalam 48 jam pengumpulan.



Apa yang terjadi pada darah tali pusat setelah dikumpulkan?

Darah tali pusat bayi akan diproses dan disimpan di fasilitas laboratorium, sering disebut sebagai bank darah. Darah tali pusat harus diproses dan disimpan di fasilitas yang diakreditasi oleh American Association of Blood Banks (AABB) untuk tujuan menangani sel induk.

Apa risiko kesehatan bagi ibu atau bayi?

Tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan pengumpulan darah tali pusat. Darah tali pusat diambil dari tali pusat setelah dipotong, sehingga mencegah rasa sakit, ketidaknyamanan, atau bahaya. Proses ini benar-benar aman.

Berapa biaya estimasi penyimpanan darah tali pusat?

Biasanya ada dua biaya yang terlibat dalam bank darah tali pusat. Yang pertama adalah biaya awal yang mencakup pendaftaran, pengumpulan, dan penyimpanan setidaknya selama tahun pertama. Yang kedua adalah biaya penyimpanan tahunan. Beberapa fasilitas bervariasi biaya awal berdasarkan panjang periode penyimpanan yang telah ditentukan.

Tergantung pada periode penyimpanan yang telah ditentukan, biaya awal dapat berkisar dari $ 900 hingga $ 2100. Biaya penyimpanan tahunan setelah biaya penyimpanan awal adalah sekitar $ 100. Adalah umum untuk fasilitas penyimpanan untuk menawarkan paket prabayar dengan diskon dan rencana pembayaran untuk membantu membuat penyimpanan awal menjadi pilihan yang lebih menarik untuk Anda dan keluarga Anda.

Bagaimana jika saya tidak ingin menyimpan darah tali pusat?

Darah tali pusat bayi Anda bisa menjadi sumber berharga bagi keluarga lain. Dari yayasan hingga bank darah nirlaba dan fasilitas medis, ada banyak lokasi yang akan mengumpulkan, memproses, dan menggunakan sel induk dari darah tali pusat bayi Anda untuk mengobati orang lain.

Sama seperti sumbangan darah lainnya, tidak ada biaya untuk donor darah tali pusat. Jika Anda tidak memilih untuk menyimpan darah bayi Anda, pertimbangkan untuk menyumbangkannya. Donasi Anda dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain.

Di mana saya dapat belajar lebih banyak tentang bank darah tali pusat dan mengatur layanan bank darah tali pusat?

Ada beberapa bank darah tali pusat yang diakreditasi oleh American Association of Blood Banks. Sebagian besar menawarkan informasi mengenai bank darah tali pusat dan menyediakan layanan bank darah tali pusat pribadi. Dengan sedikit riset, Anda harus dapat menemukan bank darah tali pusat yang kredibel secara online.

Sumber :
  • American Pregnancy Association. (2018). Cord Blood Banking. [Online]. Tersedia : http://americanpregnancy.org/labor-and-birth/cord-blood-banking/. (19 Juni 2018)

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda
Baca artikel :


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts