Hidup Sehat ala Imad.blogs'com Part#1 - Indramayu Blogger

2 komentar
Pada tulisan kali ini, saya akan menuliskan secara simple gimna sih supaya hidup ini sehat ngga sakit - sakitan. Hmm, sebaiknya kita ilustrasikan dulu ya gimana hidup kita ini. Oke, selain hidup kita yang tidak lepas dari hiruk pikuk mengejar materi (Baca: Bisnis) memutar uang - uang dan uang sehari harinya, ternyata manusia sering mengabaikan kesehatannya, Betul :D

Sebenernya buat sehat itu mudah, gimana caranya? ok, saya akan berbagi tips sehat sederhana menurut saya aja,, :D catatan,bahwa kita adalah orang yang belum menginjak umur 40 tahun ke atas, karena umur 40 tahun ke atas, saya perhatikan sekarang kadang ada orang Indonesia yang sudah kena Stroke, artinya ada pergeseran yang seharusnya stroke itu  rata  - rata umur 50 tahun keatas. 

Pola makanlah yang mempengaruhi perubahan ini, semoga kita bisa belajar dari hari ini.

Kapan TIPSNYA??? ngomong bae ya,, hahahha,, Oke oke kita mulai deh Tips Sederhananya dari Imad.Blog's.com. Sekali lagi, tips ini saya anjurkan yang membaca adalah Anda yang masih berumur < 30 Tahun, karena Tips ini merupakan pencegahan kelak Anda sudah mengunjak umur 40 tahun keatas.

Artinya, kita lebih baik mencegah penyakit yang di akibatkan oleh kebiasaan kita sendiri, seperti Stroke, diabetes, Gagal Ginjal, Jantung, dsb, itu semua akibat pola hidup kita yang ngga bener (bukan so bener ya, heheh )

1. Apa yang kita minum? (Minumlah Air Mineral dengan Benar)

Tulisan ini sudah panjang - panjang, ko tipsnya malah nanya-nanya? hahha ssttt jangan emosi dong, Yuk,, jawab pertanyaan ini dulu.
- Sehari Minum berapa gelas air putih?
- Lebih suka minum air putih atau jenis minuman lainnya???
- Minum apa yang sering diminum? Kopi? Teh? Soda? Susu? isotonik? atau minuman Keras? hmmm

Silahkan jawab dulu sebelum melanjutkan baca tulisan ini, ingat - ingat apa yang sering Anda minum? nanti akan saya jelaskan sepemahaman saya, hara maklum nanti jika ada yang salah, :D

Sebelumnya saya menuliskan tentang Manfaat Air Putih | Tips sederhana, silahkan baca dulu.

Oke, sudah baca belum? yang belum baca dulu deh ya, karena nanti ngga nyambung apa yang akan saya ceritakan disini. :D Itulah sebabnya saya di awal tulisan bahasan ini menanyakan dulu kebiasaan Anda minum, iya kan, jadi udah faham, yuk di lanjut.

Pertama, Apa jadinya kalo kita kurang minum? Gampang, lihat saja kulit kita, gimana? Kering. iya, kulit kita akan kering, itu tanda yang kelihatannya. 
Kedua, Organ dalam kita perlahan akan turun mesin, :D maksudnya organ dalam apa? Ginjal, apa hubungannya? Ya jelas ada, fungsi ginjal apa? ginjal fungsinya menyaring yang perlu di masukin  lagi ke tubuh yang ngga perlu di buang lewat urin. Nah, saya tebelin tuh kata, Menyaring. jadi ginjal itu saringan ya, iya lah bro n sist, nih saya tampilin gambar / fisiologis ginjalnya dulu biar faham, :D

Ginjal - Wikipedia Bahasa Indonesia
Nah, darah yang mengadung berbagai zat akan di saring di ginjal ini, zat zat yang ngga penting akan di buang nih melalui saringan ini, mau faham detailnya, baca aja deh disini :D Ginjal - wikipedia.

Apa hubungannya dengan Air putih/mineral yang kita minum dengan fungsi ginjal ini? Hmm,,, Jumlah air yang kita minum akan mempengaruhi kerja ginjal, seperti yang saya tuliskan di blog saya sebelumnya, jika tubuh kekurangan cairan maka kerja ginjal ini akan semakin berat.
Saya pernah menganalogikannya sebagai motor, yang ngga pernah di service sama sekali, tapi terus dipaksa kerja tanpa henti. rusak lah tuh motor.

Dengan minum air mineral yang baik, dengan cara yang benar, maka ginjal akan bekerja dengan mudah. Contoh lagi deh, Pernah bikin teh bruk ngga? atau kopi item yang banyak ampasnya. Nah, jika kita kurang minum air mineral, maka ginjal di ibaratkan seperti teh bruk kemudian kita saring,, dan kopi item yang kita saring, nah kalo saringannya jebol atau rusak, maka teh yang tadinya kita mau saring masuk semua ke gelas.
Seperti itu,, harusnya zat yang ngga baik ini dibuang melalui urine, malah di masukin lagi ke tubuh, itulah yang nanti kita kenal dengan penyakit Gagal Ginjal, :D

jaidlah pribadi yang Pintar, :D
bersambung


Sumber :
1. Wikipedia  Link : http://id.wikipedia.org/wiki/Ginjal

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

2 komentar

FazaCap mengatakan…
bagus artikel nya gan

http://goo.gl/Pbc8n
trimakasih brader,, mohon maaf blm bisa update dulu,,, masalah tekhnis INFO Kesehatan berikutnya nnti segera On posting